Assalaamu 'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh


Close [X]


Tidak menemukan beasiswa yang Anda cari?
Coba kunjungi web baru
SantriNabawi.ID


Kesalahan Fatal Penulisan Nama Pendaftar Beasiswa Arab Saudi




Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!


بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين سيدنا محمد وعلى اله وصحبه أجمعين

Alhamdulillaah.. Segala puji dan syukur bagi Allah Subhaanahu wa Ta'ala yang Maha Sempurna, Maha Penyayang, dan Maha Pengampun atas segala kesalahan dan dosa hamba-hamba-Nya.. Sholawat dan salam kita ucapkan bagi Nabi Muhammad Shollallaahu 'alaihi wa sallam..

Kesalahan Fatal Penulisan Nama Pendaftar Beasiswa Arab Saudi
Kesalahan Fatal Penulisan Nama Pendaftar Beasiswa Arab Saudi

Merupakan hal yang wajar adanya para mahasiswa dari berbagai penjuru dunia berlomba-lomba mendaftar beasiswa kuliah ke Arab Saudi. Selain karena ianya Bilad Al-Haramain, negara yang di dalamnya ada dua tanah suci Makkah dan Madinah, fasilitas beasiswa fullnya yang juga jadi daya tarik utama.

Posting Telegram @SantriNabawiCom

Tatkala sudah berusaha maksimal namun gagal karena saingan memang lebih berkualitas itu biasa. Tapi tatkala kegagalan itu karena kesalahan sepele yang berakibat fatal, tentunya sangat disayangkan..

Menemui beberapa kesalahan para pendaftar dalam penulisan nama jadi pendorongku untuk menuliskan artikel ini. Setidaknya agar para pembaca setia web SantriNabawi dot com yang pernah salah dapat mengerti bagaimana cara pengisian nama yang benar untuk pendaftaran selanjutnya.

Oke kita mulai saja..

Biasanya form isian nama kampus-kampus Saudi Arabia mesti terdiri dari 4 kolom: Nama Awal, Nama Ayah, Nama Kakek, dan Nama Keluarga/Marga. 4 kolom itu dibuat sesuai dengat kebiasaan nama orang-orang Arab yang cuma 1 kata dan punya marga.

Contoh nama orang Arab: Abdurrahman
Nama Ayahnya: Muhammad
Nama Kakeknya: Hasan
Nama Keluarga: Al-Harby
Ketika disambung jadi Abdurrahman Muhammad Hasan Al-Harby cuma 4 kata.

Nah nama orang Indonesia beda, nama 1 orang saja bisa 3 kata, gimana jika ditambah nama ayah dan kakek, bisa sampai 10 kata. Tentunya tidak sesuai paspor, bahkan jauh banget bedanya. Ketika nama tidak sesuai paspor maka inilah kesalahan fatal.

Posting Instagram @SantriNabawiNew


Contoh yang SALAH:

Seseorang punya nama 3 kata: NAMA NAMA NAMA
Nama ayahnya: AYAH AYAH
Nama kakeknya: KAKEK KAKEK
Nama Marga: MARGA
Dia tulis semua sesuai kolom, seperti gambar berikut:
Contoh pengisian nama yang salah

Sehingga hasil akhir formulir pendaftarannya begini:

Namanya nyambung 8 kata? Adakah nama itu sesuai paspornya? Tentu saja tidak kan?

Contoh yang BENAR:

Nama saya cuma 3 kata: AHMAD BILAL ALMAGRIBI dan tidak punya marga/nama keluarga.
Contoh pengisian nama yang benar

Penampakan bukti formulir pendaftaran:
Formulir pendaftaran beasiswa Arab Saudi

Nama 3 kata sesuai paspor.

Posting Fanspage @SantriNabawi

Intinya isilah kolom sesuai nama Anda di paspor, jika cuma 3 kata seperti saya maka kosongi 1 kolom, bebas yang mana saja. Coba kosongi dulu, kalau tidak bisa isi spasi saja 1 kali, jika tidak bisa dikosongi beri tanda penghubung di akhir seperti contoh di atas. Kalau tidak bisa tanda penghubung juga, ulangi nama akhir Anda. Misal AHMAD BILAL ALMAGRIBI ALMAGRIBI. Sebisa mungkin minimal tidak jauh beda dengan paspor, jika memang tidak bisa diisi sama persis.

Kalau nama Anda 1 kata atau 2 kata, pasti biasanya di paspor sudah ada tambahan nama ayah. Diisi saja sesuai paspor jika memang ada tambahan nama ayah. Karena memang sudah diketahui bersama untuk ke Arab Saudi minimal nama di paspor 3 kata. Ingat kata kuncinya sesuai paspor.

Jika nama Anda pas 4 kata, tinggal dibagi saja per kolom per kata. Abaikan itu ada tulisan nama ayah, kakek, keluarga. Sudah dijelaskan di atas, itu cocok hanya untuk nama orang Arab yang cuma satu kata.

Adapun jika nama Anda 5 kata atau lebih, dibagi saja pokoknya ke 4 kolom, satu kolom ada yang 2 kata tidak masalah. Selama nama Anda yang 5 kata atau lebih itu sesuai paspor.

Oooh gitu doang, Min? Iya gitu doang.. Itu juga banyak yang salah lho..

Posting Telegram @SantriNabawiCom

Demikian, semoga bermanfaat.. Allah mudahkan segala cita-cita baik kita semua.. Aamiin..

Copyright @ SantriNabawi.Com
Madinah Al-Munawwarah,
22 Jumadil Ula 1440 H / 28 Januari 2019 M

Update Pare, Kediri,
29 Jumadil Tsani 1441 H / 23 Februari 2020 M


Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!




Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!







Perhatian!!! Jika Anda merasa artikel website SantriNabawi ini bermanfaat, silakan share ke sosmed Anda dengan mengklik tombol share yang sudah disediakan di bawah ini! Copas/repost WAJIB mencantumkan bahwa sumbernya dari website SantriNabawi ini.

Jika dalam posting website SantriNabawi terdapat kesalahan, atau Anda ingin sekedar memberi kritik dan saran kepada admin, silakan kirim pesan saja ke fanspage SantriNabawi! Tidak perlu posting surat terbuka di website lain!!!

Dapatkan update info terbaru di WhatsApp dan Telegram Anda dengan Tips Jitu Agar Tak Ketinggalan Info Terbaru Website SantriNabawi.Com

Bagikan via

15 Responses to "Kesalahan Fatal Penulisan Nama Pendaftar Beasiswa Arab Saudi"

  1. Gimana KALAU SALAH DALAM TERJEMAHAN NILAI, MISALANYA
    80 di terjemah تسعة وصفر

    ReplyDelete
  2. gimana kalau nama 2 aja di paspor, jadi isinya 2 aja ya?

    ReplyDelete
  3. Nama saya hanya satu kata di paspor. Jadi harus diisi gimana?

    ReplyDelete
  4. Untuk universitas Islam madinah hanya tersedia 1 kolom nama, ustadz... Apa juga harus sama dengan yang di passport ?

    ReplyDelete
  5. Afwan , nama Saya di paspor cuma 2 kata , terus bagaimana ???

    ReplyDelete
  6. Afwan nama Saya cuma 2 kata di paspor, terus bagaimana ustadz?

    ReplyDelete
  7. Kalo nama saya 3 kata bagaimana Ustadz

    Iqbal Harianja Siregar

    ReplyDelete
  8. Kmren ana udah daftar Di KSU ma'had lughoh.. Namanya jadi 7 kata sama nama kakek.. trus ana mau edit gk bisa akhi.. gimana solusinya??..

    ReplyDelete
  9. Bismillah...
    Saya sudah mengajukan pendaftaran, namun qoddarallahu saya salah dalam mengisi kolom nama sehingga tidak sesuai dengan pasport. saya sudah coba cancel admission masih tidak bisa. kira-kira jalan keluarnya bagaimana?

    ReplyDelete
  10. Afwan,nama sya di pasport cuma satu kata,bagaimana solusinya

    ReplyDelete
  11. Afwan,Kalau contoh untuk nama hasan al amiin apakah sudah termasuk 3 suku kata?dan bagaimana untuk pengisian nama dengan huruf arabnya?apakah "Al" nya juga dipisah..?

    ReplyDelete
  12. nama saya cuma satu kata dipasport jadi gimana?

    ReplyDelete
  13. Bismillah mau nanya apakah kolom tersebut diisi dengan nama bapak dan kakek atau nama kita terus di pisah,dan apakah tanggal lahir kita ditulis hijriah? Demikian jazakumullah khairan atas perhatianya

    ReplyDelete
  14. Kak Seandainya nama saya hanya 2 suku kata di paspor bagaimana kak, mohon infonya kak makasih kak

    ReplyDelete

Komentar tanpa nama (Anonim) tidak akan dijawab. Jika ingin berkomentar silakan login Gmail Anda atau pilih Name/URL! Name isi nama Anda dan URL isi alamat fb Anda, misal fb.com/ikhwan.sholeh

Semua komentar selalu dimoderasi dan tidak akan muncul sebelum disetujui oleh admin. Oleh karena itu, HARAP TIDAK MENGIRIM KOMENTAR LEBIH DARI SEKALI! Jika admin belum menjawab harap bersabar!

Centanglah bagian "Notify Me" agar Anda segera menerima email pemberitahuan saat komentar Anda telah dijawab admin!


Sosmed SantriNabawi dot Com
Instagram - Telegram - Facebook - Twitter - Youtube