Assalaamu 'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh


Close [X]


Tidak menemukan beasiswa yang Anda cari?
Coba kunjungi web baru
SantriNabawi.ID


Tanya Jawab Sekolahan (SMP-SMA) dan Mulazamah di Arab Saudi yang menerima warga negara Indonesia




Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!


بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله اللذي بنعمته تتم الصالحات و صلى الله على عبده ورسوله محمد وعلى اله وصحبه وسلم

Diantara sekian banyak pertanyaan yang admin terima, beberapa orang menanyakan perihal "Adakah sekolah SMP/SMA di Madinah atau di Kerajaan Saudi Arabia (KSA) secara umum yang menerima dan memberikan beasiswa bagi anak Indonesia?"

Sepengetahuan admin dan hasil bertanya pada senior dan kawan-kawan mahasiswa Arab Saudi lainnya, maka didapatlah informasi bahwa ada beberapa sekolahan di KSA yang menerima pelajar Indonesia, bukan hanya untuk tingkat SMP dan SMA melainkan mulai tingkat TK dan SD pun ada.

# Sekolahan Indonesia di Saudi Arabia #

Berdasarkan sumber website resmi Atase Pendidikan KBRI Riyadh, Negara Republik Indonesia memiliki 3 sekolahan resmi di Kerajaan Arab Saudi yang diakui oleh Kementerian Pendidikan RI dan diakui pula oleh Kementerian Pendidikan KSA. Sekolah-sekolah itu adalah:

Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ)

Berdiri sejak tanggal 1 Januari tahun 1964. Semula hanyalah Taman Kanak-kanak yang dikelola Ibu-ibu Dharma Wanita unit KBRI (sebelum menjadi KJRI) Jeddah dengan nama Taman Kanak-kanak "Trikora". Nama Trikora diambil karena saat rapat pertama pendirian sekolah bersamaan dengan tanggal 19 Desember 1963 saat pernyataan Tri Komando Rakyat untuk merebut kembali Irian Barat yang masih dalam cengkraman penjajah.

Sekolah Indonesia Riyadh (SIR)

Sekolah Indonesia Riyadh (SIR) didirikan pada tanggal 1 Januari 1964 di Jeddah dengan nama Sekolah Indonesia Pancasila (SIP). Seiring dengan perpindahan KBRI dari Jeddah ke Riyadh pada tanggal 24 September 1985 SIP terbagi menjadi dua yaitu Sekolah Indonesia Pancasila Jeddah dan Sekolah Indonesia Pancasila Riyadh. Baru pada tanggal 2 Oktober 1985 SIP Riyadh menempati gedung sekolah untuk pertama kalinya. Pada perkembangannya sejak tahun 1986 sebutan sekolah berubah menjadi Sekolah Indonesia Riyadh (SIR).

Sekolah Indonesia Makkah (SIM)

Berdasarkan Surat Kepala Perwakilan RI Riyadh No.432/KP/VI/2000, tanggal 5 Juni 2000 dan Surat Kepala Sekolah Indonesia Jeddah No. 236/SIJ/C/II/2004, tanggal 18 Februari 2004, maka Sekolah Indonesia Makkah merupakan kelas jauh dari Sekolah Indonesia Jeddah.

Ketiga sekolah tersebut berstatus Swasta dan berbayar, terdiri dari tingkat TK, SD, SMP, dan SMA yang diperuntukkan bagi anak-anak para pegawai KBRI, KJRI, serta warga negara Indonesia yang tinggal (muqim) di Arab Saudi. Adapun kurikulum yang digunakan adalah mengikuti kurikulum Kementerian Pendidikan Indonesia.

Dikarenakan sekolah-sekolah itu diperuntukkan bagi muqimin di KSA, jadi tidak menerima pendaftaran bagi anak-anak pelajar yang tinggal di Indonesia.

Selengkapnya tentang ketiga sekolah Indonesia di Arab Saudi bisa baca posting dari website resmi AtDikRiyadh http://atdikriyadh.org/page.php?7

# Sekolah SMP-SMA Universitas Islam Madinah (UIM) #

foto ilustrasi : akhbaar24.com

Sebagaimana telah disebutkan pada posting Profil Universitas Islam Madinah (UIM), kampus ini membawahi SMP dan SMA juga. Madrasah Mutawasithoh (SMP) dan  Madrasah Tsanawiyyah (SMA) UIM ini masih dalam area kampus Islamic University of Madinah, tepatnya berlokasi di bagian depan kampus, dekat gerbang utama.

Sekolah ini menerima warga negara asing untuk belajar di dalamnya. Terbukti dengan adanya mahasiswa Indonesia, Malaysia, Singapura, Amerika, dan negara lainnya yang pernah sekolah di situ sebelum kuliah di UIM. Bahkan ada anak asal Canada yang dapat haji gratis dari UIM, meskipun masih sekolah SMA UIM dan usianya belum sampai 18 tahun.

Untuk pendaftaran SMP bisa menuju link berikut ini, syarat-syarat dll in syaa Allah akan dibahas kemudian. Adapun pendaftaran SMA sama dengan pendaftaran kuliah S1 yang bisa dibaca pada posting Tanya Jawab Universitas Islam Madinah (UIM), dengan menggunakan terjemah ijazah SMP dan cukup daftar online tanpa perlu ikut muqobalah. Syarat lainnya sama.

Update
Sebatas pengetahuan admin, anak Indonesia yang diterima sekolah dulu sebelum kuliah di UIM hanya 1 orang saja dalam 5 tahunan terakhir ini. Syarat dauroh dan muqobalah itu minimal lulusan SMA/sederajat, jelas lulusan SD dan SMP tidak memenuhi syarat. Jadi, kalau tetap mau mencoba silakan daftar online saja, tanpa muqobalah. admin lebih menganjurkan sabar saja tunggu sampai lulus SMA/sederajat.

# Mulazamah Ma'had Haram Makky/Madany dan Jami' Ibn Utsaimin Unaizah #

Mengenai mulazamah ini kami belum punya info detail. Sebatas info yang kami dapat, Mulazamah Ma'had Haram Makky, Ma'had Haram Madany, dan Mulazamah di Unaizah tinggal daftar saja bagi yang sudah tinggal di Arab Saudi. Jadi, ketiga lembaga itu tidak menyediakan calling visa. Para penuntut ilmu yang ingin mulazamah bisa cari visa sendiri untuk tinggal di KSA, misalnya visa pekerja lalu daftar di 3 lembaga ini. Demikian yang kami tahu. Allaahu A'lam.

Kami ucapkan Jazaahumullaahu khoiro pada Ketua PPMI Arab Saudi 2015-2017, Ustadz Imam Khairul Annas yang sudah mau berbagi informasi yang sangat banyak untuk disebarkan bagi para penuntut ilmu di Indonesia yang membutuhkannya. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta'ala terima jerih payah beliau dalam mengemban amanah sebagai pengurus PPMI Se-Arab Saudi di periode lalu.. Aamiin..
Copyright @ SantriNabawi.Com
Madinah,
20 Dzulhijjah 1437 H / 21 September 2016 M
Update Palangka Raya,
27 Dzulqo'dah 1438 H / 19 Agustus 2017 M


Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!




Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!







Perhatian!!! Jika Anda merasa artikel website SantriNabawi ini bermanfaat, silakan share ke sosmed Anda dengan mengklik tombol share yang sudah disediakan di bawah ini! Copas/repost WAJIB mencantumkan bahwa sumbernya dari website SantriNabawi ini.

Jika dalam posting website SantriNabawi terdapat kesalahan, atau Anda ingin sekedar memberi kritik dan saran kepada admin, silakan kirim pesan saja ke fanspage SantriNabawi! Tidak perlu posting surat terbuka di website lain!!!

Dapatkan update info terbaru di WhatsApp dan Telegram Anda dengan Tips Jitu Agar Tak Ketinggalan Info Terbaru Website SantriNabawi.Com

Bagikan via

22 Responses to "Tanya Jawab Sekolahan (SMP-SMA) dan Mulazamah di Arab Saudi yang menerima warga negara Indonesia"

  1. mas bilal,,.
    maaf nanyanya gak konek ama postingannya.
    mas pake web hosting beli di provider atau jasa mana.?
    saya liat2 soalnya rata2 mahal

    ReplyDelete
  2. Assalaamu'alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh.
    Maaf ustad, saya mau tanya mengenai pendaftaran tingkat SMA (Madrasah Tsanawiyah) di UIM.
    1. Apakah prosedur,persyaratan dan fasilitasnya sama dengan persyaratan untuk S1?
    2. Kapan dimulainya waktu pendaftaran?
    3. Apakah ada link khusus untuk pendaftaran nya?
    Syukron, jazakallah. Atas perhatian ustad.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalaam Wr.Wb..

      1. Sama semua, kecuali ijazah SMA diganti ijazah SMP / sederajat seperti sudah dijelaskan di atas.
      2. Selalu buka.
      3. Sama dengan S1 UIM.

      Afwan, wa iyyaakum..

      Delete
    2. Assalammualaikum ustadz apakah SMP atau SMA nya jg gratis

      Delete
  3. Assalamu'alaikum
    Ust, saya tidak menemukan link pendaftaran untuk tingkat tsanawiyah (SMA)
    Tapi yg mutawasitah sama jamiah ada
    Boleh minta link nya?!
    Syukran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalaam Wr.Wb..
      Silakan baca lagi dengan teliti, link SMA dan S1 sama!

      Delete
  4. Assalamu'alaikum wrwb
    Ustadz klo mengenai beasiswa yang diberikan untuk tingkat SMA, apakah sama dengan S1? jzk

    ReplyDelete
  5. Bang, Afwan sebelumnya, apakah untuk SMA di saudi ini ada muqobalah sperti halnya jika ingin masuk s1? Dan kemudian pengumuman kelulusan di sampaikan kapan biasanya? Syukron Jazakkallahu Khoiran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendaftar untuk SMA tidak usah ikut muqobalah, krn memang tdk memenuhi syarat. Bersamaan nama S1. Beberapa tahun ini tidak terdengar lagi anak Indonesia yg diterima SMA di UIM. Wa iyyaaka Aamiin..

      Delete
  6. Assalamu'alaikum,
    kak, nama saya Adz Dzahabi, saya masih kls 1 Aliyah (pesantren), klo pindah ke mekkah / madinah tuh cara dapet beasiswa nya gimana ya ? Terus tahapannya gimana ? Terus sekolahnya dimana ?
    'Afwan ngerepotin :)
    Syukran :)
    Wassalaamu'alaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalaam Wr.Wb..
      Allahu A'lam..
      Silakan bersabar nunggu lulus SMA saja untuk daftar tingkat universitas..

      Delete
  7. maaf mau tanya..
    itu universitas islam madinah untuk kuliahnya menerima santriwati atau murid perempuan?

    ReplyDelete
  8. maaf mau tanya , daftar sma semua berkasnya sama dengan s1, lalu bagaimana dengan KTPnya, karna saya baru SMP mau sma daftarnya pakai KTP juga... bagaimana?

    ReplyDelete
  9. Assamualaikum ya Uatadz.....
    Maaf, anak laki2 saya mau tamat SD, tapi beliau bersikeras mau melanjutkan ke Madinah......
    Apakah bisa, beliau ingin menjadi Hafiz Quran.....mohon bantuan arahan.....
    Syukron kasir....Jazakumullah khairon.

    ReplyDelete
  10. Ustadz tolong bantuin daftar tingkat SMA. Tolong ustadz

    ReplyDelete
  11. Bismillah assalamualaikum ust. Ibu msu menanyakan kalau yg tidak pakai beasiswa bisa ka kuliah di madinah. Karna anak ibu tidak ada beasiswa.dan ibu jg tdk mengerti cara mau mendaftar kan anak untuk s1.

    ReplyDelete
  12. Bismillah assalamu'alaikum ustadz gimana caranya untuk mendapatkan beasiswa dan bisa kuliah S1 dimadinah?

    ReplyDelete
  13. Bismillah assalamualaikum ustadz, saya sedang mencari info bagaimana bs mulazamah di masjid madinah untuk putri saya yg akan lulus smp thn ini. Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  14. Assalamualaikum ustadz, saya mau tanya katanya ada beasiswa untuk anak lulusan SD yang hafidz Qur'an untuk sekolah ke madinah mohon informasi nya 🙏

    ReplyDelete
  15. Bismillah
    Ust afwan mau tanya sdkit diluar topik UIM, apakah di Masjidil harom ada kelas belajar khusus perempuan yg bentuknya mulazamah ust?

    ReplyDelete

Komentar tanpa nama (Anonim) tidak akan dijawab. Jika ingin berkomentar silakan login Gmail Anda atau pilih Name/URL! Name isi nama Anda dan URL isi alamat fb Anda, misal fb.com/ikhwan.sholeh

Semua komentar selalu dimoderasi dan tidak akan muncul sebelum disetujui oleh admin. Oleh karena itu, HARAP TIDAK MENGIRIM KOMENTAR LEBIH DARI SEKALI! Jika admin belum menjawab harap bersabar!

Centanglah bagian "Notify Me" agar Anda segera menerima email pemberitahuan saat komentar Anda telah dijawab admin!


Sosmed SantriNabawi dot Com
Instagram - Telegram - Facebook - Twitter - Youtube