Close [X]
Assalaamu 'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh


Meet My Family : IELTS Journey 1





بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين، اللهم صل على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم

Alhamdulillaah.. 4 hari sudah aku belajar Bahasa Inggris di English Studio, Pare, Kediri, Jawa Timur. Memulai belajar dari dasar lagi, dan ternyata memang tidak semua hal dasar dalam Bahasa Inggris sudah kuketahui. Terbukti bahwa beberapa kosakata tentang keluarga saja banyak yang aku tidak ketahui terjemahannya. Yuk kita mulai saja pembahasan salah satu materi belajarku di ES berikut:


Terjemahan Teks Bagian 1:
Hai, namaku Sam. Aku mempunyai sebuah keluarga besar. Ayahku Charles dan ibuku Janet. Aku mempunyai dua saudari. Saudariku Sara lahir pertama. Usianya enam belas tahun. Anna adalah kakak perempuan keduaku. Usianya empat belas tahun. Aku adalah yang termuda di keluargaku. Umurku 11 tahun.

Hi, namaku Charles. Orangtuaku Paul dan Susan Brown. Aku mempunyai satu orang saudara, satu orang saudari, satu keponakan laki-laki, dan dua keponakan perempuan. Garry adalah anak dari saudaraku Jack. Umurnya sama dengan anakku Sam. Saudariku Laura mempunyai dua anak perempuan. Dina dan Kate adalah kembar yang cantik.
Bagian 2: Menulis bagan keluarga berdasarkan pada teks.

Bagian 3: Menentukan posisi seorang anggota keluarga berdasarkan yang berbicara.


Bagian 4: Di bagian kiri ada 6 orang beserta profesinya. Di bagian kanan lingkarilah ceklis jika pernyataan benar dan lingkari silang jika tidak sesuai dengan gambar di sisi kiri.
Deskripsi Gambar:

Paul berprofesi sebagai penjahit.

Susan berprofesi sebagai apoteker.

Laura berprofesi sebagai perawat.

Charles berprofesi sebagai pemadam kebakaran.

Jack adalah dokter gigi.

Janet bekerja di perpustakaan.

Pembahasan Soal:

Sara : Pamanku Paul bekerja di sebuah rumah sakit. Dia membantu orang banyak agar merasa lebih baik. Dia mengobati mata mereka. (Salah. Pamannya Sara bukan bernama Paul, itu nama kakeknya. Dokter mata juga tidak ada di gambar)

Dina : Nenekku bekerja di sebuah toko obat. Dia menjual obat-obatan untuk orang banyak. (Benar. Neneknya Susan memang merupakan apoteker.)

Garry : Bibiku Laura bekerja dengan ayahku. Dia (bibi) menjaga peralatannya (ayah) agar tetap rapi dan siap digunakan. (Benar. Bibinya Laura memang perawat dan ayahnya Jack dokter gigi.)

Jack : Ayahku bekerja dengan kayu. Dia membuat kursi dan meja yang cantik. (Salah. Ayahnya Paul adalah penjahit.)

Charles : Saudaraku memperbaiki gigi orang banyak. (Benar. Saudaranya Jack adalah dokter gigi.)

Kate : Bibiku Janet bekerja di sebuah perpustakaan. Dia menjaga kerapian buku dan membantu orang banyak menemukannya dengan cepat. (Benar. Bibinya Janet bekerja di perpustakaan.)

Anna : Kakekku bekerja dengan pakaian. Dia menjahit banyak gaun bagus dan indah. Banyak orang sangat menyukainya. (Benar. Kakeknya Paul seorang penjahit.)

Sam : Ayahku mempunyai pekerjaan yang berbahaya. Dia melawan banyak orang jahat. Dia memburu mereka dan memasukkan mereka ke dalam penjara. (Salah. Ayahnya Charles adalah seorang pemadam kebakaran.)
Beberapa Kosakata Terkait Keluarga

mother = ibu
father = ayah
wife = istri
husband = suami
brother = saudara
sister = saudari
son = anak laki-laki
daughter = anak perempuan
grandfather = kakek
grandmother = nenek
uncle = paman
aunt = bibi
nephew = keponakan laki-laki
niece = keponakan perempuan
cousin = sepupu

cucu (umum) = grandchild
grandson = cucu laki-laki
granddaughter = cucu perempuan
great-grand-father/mother = buyut
great-grand-son/daughter = cicit
mother/father in law = mertua
son/daughter in law = menantu
brother/sister in law = saudara/i ipar
step son/daughter = anak tiri
step brother/sister = saudara/i tiri
half brother/sister = saudara setengah (beda ayah/ibu)

Tidak perlu malu belajar dari dasar jika beberapa kosakata di atas saja kita banyak yang baru tahu. Sebaik-baik orang adalah yang mengetahui kadar dirinya. Dengan menyadari kekurangan, maka kita akan terus belajar. Sebaliknya jika sudah merasa pintar, maka kita akan merasa cukup dan enggan belajar lagi.

Demikian saja bahasan salah satu materi belajarku di 4 hari pertama di English Studio. Masih sisa 5 bulan sekian lagi sebelum tes IELTS. Semoga Allah beri kesehatan dan kemudahan dalam menerima Ilmu Bahasa Inggris yang diajarkan.. Aamiin..

#englishstudio #englishstudioindonesia #englishstudiopare #ieltspare #ieltsenglishstudio #beasiswaieltspare #kampunginggrispare #kampunginggris #ieltskampunginggris

Copyright @ Ahmad Bilal Almagribi
Pare, Kediri,
13 Muharram 1441 H / 13 September 2019 M



Perhatian!!! Jika Anda merasa artikel website SantriNabawi ini bermanfaat, silakan share ke sosmed Anda dengan mengklik tombol share yang sudah disediakan di bawah ini! Copas/repost WAJIB mencantumkan bahwa sumbernya dari website SantriNabawi ini.

Jika dalam posting website SantriNabawi terdapat kesalahan, atau Anda ingin sekedar memberi kritik dan saran kepada admin, silakan kirim pesan saja ke fanspage SantriNabawi! Tidak perlu posting surat terbuka di website lain!!!

Dapatkan update info terbaru di WhatsApp dan Telegram Anda dengan Tips Jitu Agar Tak Ketinggalan Info Terbaru Website SantriNabawi.Com

Bagikan via

0 Response to "Meet My Family : IELTS Journey 1"

Post a Comment

Komentar tanpa nama (Anonim) tidak akan dijawab. Jika ingin berkomentar silakan login Gmail Anda atau pilih Name/URL! Name isi nama Anda dan URL isi alamat fb Anda, misal fb.com/ikhwan.sholeh

Semua komentar selalu dimoderasi dan tidak akan muncul sebelum disetujui oleh admin. Oleh karena itu, HARAP TIDAK MENGIRIM KOMENTAR LEBIH DARI SEKALI! Jika admin belum menjawab harap bersabar!

Centanglah bagian "Notify Me" agar Anda segera menerima email pemberitahuan saat komentar Anda telah dijawab admin!


Sosmed SantriNabawi dot Com
Instagram - Telegram - Facebook - Twitter - Youtube