Close [X]
Assalaamu 'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh


Contoh Rekomendasi Kuliah di Arab Saudi





بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله الواحد القهار وصلى الله على رسوله محمد وعلى اله وصحبه سلم

Alhamdulillaah.. Sholawat dan Salam atas utusan Allah, Nabi Muhammad Shollallaahu 'alaihi wa sallam..

Dari sekian banyak universitas-universitas di Arab Saudi yang memberikan beasiswa kuliah, kesemuanya mensyaratkan dokumen rekomendasi. Baik rekomendasi berakhlak mulia dan menjaga sholat lima waktu seperti yang disyaratkan kampus Universitas Islam Madinah (UIM). Ataupun hanya rekomendasi untuk belajar di universitas tertentu.

Lain lagi universitas-universitas yang membuka pendaftaran untuk pascasarjana sains dan teknologi, rata-rata mensyaratkan dokumen rekomendasi dari Profesor atau Doktor yang pernah mengajar si pendaftar beasiswa serta penelitian yang pernah dilakukan si pendaftar jika memang ada.

Rekomendasi ini dari segi bentuk bebas, selama isinya mengacu pada yang disyaratkan oleh pihak kampus. Anda juga bisa menambahkan prestasi yang pernah Anda peroleh di dalamnya. Yang terpenting surat rekomendasi dibuat jujur sesuai keadaan, tidak dilebih-lebihkan biar diri Anda kelihatan hebat. Adapun bahasa, acuannya juga adalah sebagaimana yang diminta pihak kampus, bisa jadi bahasa Arab atau Inggris.

Berikut ini akan saya berikan beberapa contoh surat rekomendasi yang pernah saya minta dan gunakan untuk pendaftaran dan ketika telah diterima di Islamic University of Madinah.

# Dokumen Pendaftaran #

1. Rekomendasi Kepala Kementerian Agama Kota Palangka Raya

2. Rekomendasi Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Palangka Raya

# Dokumen Setelah Diterima #

3. Rekomendasi Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah

4. Rekomendasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalimantan Tengah

5. Rekomendasi Pesantren Mahasiswa Firdaus Malang

Semua rekomendasi di atas termasuk rekomendasi lembaga atau instansi resmi, karena terdiri dari kop surat, nomor surat, dan cap stempel. Adapun rekomendasi tokoh masyarakat atau perorangan biasanya tanpa kop surat, tanpa nomor surat, dan tanpa cap stempel.

Saya memang sengaja hanya memberikan contoh rekomendasi asli bahasa Indonesia sebelum diterjemahkan. Saya tidak memberikan hasil terjemahan penerjemah resmi/tersumpah, karena saya menghargai pekerjaan mereka sebagai penerjemah resmi/tersumpah dan merekalah pula yang punya hak terjemah tersebut. Alasan kedua, biar Anda ada usaha untuk menterjemah sendiri, atau minta bantu ke teman untuk menterjemahkannya, atau langsung ke penerjemah resmi/tersumpah. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta'ala membalas usaha dan perjuangan Anda. Aamiin.

Saya rasa cukup bantuan saya hanya contoh rekomendasi dalam bahasa Indonesia itu. Saya tidak melayani bantuan menterjemahkan dan tidak memberikan contoh rekomendasi bahasa Arab langsung. Selain ngasih contoh, saya bantu do'a saja; Semoga Allah Subhaanahu wa Ta'ala memudahkan urusan Anda. Aamiin.

Jasa penerjemah resmi / tersumpah silakan baca posting Tanya Jawab Beasiswa Kerajaan Saudi Arabia (KSA)!

{Madinah, 21 Januari 2016 / 11 Robi'ul Akhir 1437 H}
Copyright @ Ahmad Bilal Almagribi
Mahasiswa Fakultas Syari'ah, Universitas Islam Madinah



Perhatian!!! Jika Anda merasa artikel website SantriNabawi ini bermanfaat, silakan share ke sosmed Anda dengan mengklik tombol share yang sudah disediakan di bawah ini! Copas/repost WAJIB mencantumkan bahwa sumbernya dari website SantriNabawi ini.

Jika dalam posting website SantriNabawi terdapat kesalahan, atau Anda ingin sekedar memberi kritik dan saran kepada admin, silakan kirim pesan saja ke fanspage SantriNabawi! Tidak perlu posting surat terbuka di website lain!!!

Dapatkan update info terbaru dengan Tips Jitu Agar Tak Ketinggalan Info Terbaru Website SantriNabawi.Com

Bagikan via

45 Responses to "Contoh Rekomendasi Kuliah di Arab Saudi"

  1. Assalamualaikum
    Gan Bilal itu semua rekomendasi di upload ya? Apakah ada btas maksimal surat rekomendasi nya? (untuk uim)

    Klo boleh tau itu minta rekomendasi nya ke Mui sama kemenag gimana ya? Apa perlu kenal dulu sama mereka? Apa bisa kita langsung minta aja gitu?

    Terimakasih sebelumnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalaam Wr.Wb..
      Yang diupload sebelum diterima saja, setelah diterima tidak diupload lagi. Maksimal 6.

      Ayah saya dekat dengan Kemenag dan MUI Provinsi. Tanpa kenal pun in syaa Allah bisa. Coba aja datang ke bagian sekretaris kantornya dan bilang minta rekom untuk ini dan itu.

      Delete
    2. Maaf nih tanya lagi,
      Itu bedanya "dokumen pendaftaran" sama "dokumen setelah diterima"

      Trus maksudnya ini apa ya?
      " Yang diupload sebelum diterima saja, setelah diterima tidak diupload lagi. "

      Jazakallahu khairan Katsura.

      Delete
    3. Saat pendaftaran (sebelum diterima) diminta upload dokumen.

      Setelah diterima dokumen aslinya diminta untuk dibawa ke Arab Saudi langsung, tanpa upload. Beberapa dokumen lama perlu diperbaharui.

      Delete
  2. Assalamualaikum, Mas. Untuk pengurusannya sendiri, biasanya diberikan gratis atau ada biaya-biaya khusus yg diberlakukan? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalaam Wr.Wb.. Untuk rekomendasi in syaa Allah semua gratis.

      Delete
  3. assalaamualaikumm..mas bilal...itu dokumen mas di atas diterjemah tidak???untuk rekomen perorang dan lembaga minimal maksimalnya berapa??...jazakallah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalaam Wr.Wb..
      Rata-rata kampus Saudi minta terjemahan tersumpah dalam bahasa Arab, kalau nggak diterjemah ya Syaikh nggak akan paham rekomendasi Antum. Minimal dan maksimal tergantung permintaan kampus. Silakan baca posting Tanya Jawab Beasiswa KSA!

      Delete
  4. Assalamu'alaikum,
    Afwan akh menganggu klo minta tazkiah dari kemenag prov apa kah kita hari terlebih dahulu ke kemenag kab agar kita dapat surat pengantar gtu dari kemenag kab?syukron.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalaam Wr.Wb..
      Untuk wilayah ana KalTeng tanpa pengantar, langsung ke tingkat provinsi bisa. Mungkin tiap wilayah punya aturan masing-masing. Allahu A'lam.

      Delete
  5. Assalamualaiku akhil aziz
    Apakah ada waktu tertentu untuk mendaftar online d jami'ah islamiyyah madinah,seperti halnya universitas lain,yang membuka pendaftaran pada waktu tertentu.
    Jazakumullah
    Assalamualaikum

    ReplyDelete
  6. mau tanya.. rekomendasi sama keterangan berkelakuan baik kalau seumpanya langsung bahasa arab bisa ga..?

    ReplyDelete
  7. assalamualaikum ya akh..
    mau tanya... antum ada penerjemah resmi buat nerjemahin berkas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalaam Wr.Wb..
      Kontak penerjemah resmi silakan baca Tanya Jawab Beasiswa KSA! (Link ada di atas)

      Delete
  8. assalamualaikum. untuk rekomendasinya apakah harus 6? saya baca di web resmi UIM hanya satu lembaga islam dan 2 tokoh islam.
    jazakallah akhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalaam Wr.Wb..
      Tidak ada yang bilang harus 6.

      Delete
  9. itu surat rekomendasinya satu atau lebih dari satu...? akh...?

    ReplyDelete
  10. Assalamu'alaikum ahkhi

    Untuk masuk salah satu ma'had sederajat universitas yang ada di indonesia, ma'had tersebut meminta *rekomendasi ustadz/tokoh masyarakat*
    Jadi ana harus minta rekom dengan siapa ahkhi? Yang dikatakan tokoh masyarakat itu siapa dan bagaimana cara ana mendapat rekom nya?

    Jazakallah ya ahkhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalaam Wr.Wb..
      Tokoh masyarakat mencakup orang-orang besar dan terkenal seperti pejabat atau Ustadz. Prosedurnya silakan datang dan bertanya ke kantor pejabat tersebut atau langsung minta ke orangnya! Wa iyyaaka Aamiin..

      Delete
  11. Kalau surat rekomendasi dari lembaga saya kira cuman satu, tapi kenapa disini kok banyak?

    ReplyDelete
  12. Akh kalo misalkan saya dari SMA IT apa saya minta rekomendasinya dari kemenag atau kemendikbud?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang diminta rekomendasi dari tokoh masyarakat atau lembaga, bebas.

      Delete
  13. السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة

    *Tema Lain

    Akh sy ingin daftar. Tp sy lulus SMU saya sudah lebih 5 tahun dan umur saya 24.
    Dan mungkin ada beberapa lembaga yg merekomendasikan saya.
    Pertanyaannya apakah sy bs masuk ke perguruan tersebut dengan lulus SMK saya yg lebih dr 5 tahun?

    Sebelumnya sy mempunyai ijazah D3, apakah bs berlaku?

    جزاك الله خيرا

    ReplyDelete
    Replies
    1. وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
      Silakan dicoba jika ingin mencoba.. Allahu A'lam..
      Baarakallaahu fiik..

      Delete
  14. Assalamu'alaikum.
    antum saat mengajukan rekomendasi apa dengan surat permohonan pengajuan rekomendasi ke pihak lembaga?
    apa ada contohnya?

    ReplyDelete
  15. kuliah disana apakah harus mahir bahasa arab ya? kalau dari umum misal dari MAN tpi tidak pandai bahasa arab

    ReplyDelete
    Replies
    1. UIM menerima alumni Pesantren, MAN, bahkan SMA umum. Bagi yang diterima dan belum lancar bahasa Arab ada program persiapan bahasa 2 tahun.

      Delete
  16. Replies
    1. Silakan saja jika memang yakin struktur kalimatnya benar sesuai kaidah bahasa Arab.

      Delete
  17. Assalamualaikum, mau nanya, ana sudah mengajukan pendaftaran untuk tahun ajaran 2017-2018 ( tahun kemarin ), apakah pendaftaran saya akan hangus apabila saya mendaftar kembali untuk tahun ajaran 2018-2019 ( tahun ini ) Jazakumullah Khairan atas balasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalaam Wr.Wb..
      In syaa Allah tidak mengapa daftar setiap tahun. Allahu A'lam. Wa iyyaakum Aamiin..

      Delete
  18. Bismillah,
    akhi, apakah antum sewaktu mengurus surat rekomendasi, surat aslinya ditanda tangani dlu, lalu antum terjemahkan, lalu yg terjemahan, di sodorkan lg untuk ditandatangani.. ataukah antum minta dlu suratnya (tnpa tnda tangan), terjemahkan dan nantinya langsung ttd kedua-dua nya ?

    soalnya kdang perjuangan dpat 1 tanda tangan berat,, apalagi berkali-kali. hehe.. mohon infonya bgaimana prosedur yg antum lakukan? jazakallahu khairan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanda tangan sekali saja di berkas asli berbahasa Indonesia. Nanti di terjemahan tidak perlu minta tanda tangan lagi. Wa iyyaaka Aamiin..

      Delete
  19. Nilaiku 78. Kata mudir jamiah min.85 skrg. Iya? Rekomendasi cukup 2 kan? Lembaga dan tokoh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allahu A'lam. Yang diperhitungkan tentunya tidak cuma nilai ijazah. Tapi kelengkapan dan kualitas semua berkas serta penilaian hasil muqobalah.

      Minimal 2 dan maksimal sebanyak-banyaknya.

      Delete
  20. Assalamualaikum wr. Wb saya mau nnya
    Soal surat rekomendasi nih, apakah bisa surat rekomendasi cuma dr kemenag kota(bukan provinsi) dan tokoh masyarakat saja seperti (ustadz) misalnya. Terima kasih

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum, maksudnya dokumen setelah diterima apa ya?

    ReplyDelete
  22. Itu Akh Bilal gak pake surat rekomendasi dari tokoh?

    ReplyDelete
  23. Akhi, ana dengar2 katanya syaratnya, kalau sudah lulus s1 atau sementara s1 di kuliah tertentu gak akan terpilih?
    tapi ana liat di berkasnya antum, antum brani cantumkan pendidikan sementara ?
    apakah sebaiknya yg di cantumkan hnya SMA trakhir atau jg nama universitas ?
    barakallah fiikum

    ReplyDelete
  24. afwan akhi yg ana dngar2.. Kalau mau bkin rekomendasi jgn cantumkan tempat kuliah skrg, cukup cantumkan SMA trakhir.. krn syarat diterima tdk boleh yg lulusn s1 atau yg sedang kuliah s1 di universitas manapun.
    apakah ini benar ?
    tetapi ana liat antum diatas brani mncantumkan pendidikan sementara?
    Mohon jawabannya akhi, barakallahu fiikum

    ReplyDelete

Komentar tanpa nama (Anonim) tidak akan dijawab. Jika ingin berkomentar silakan login Gmail Anda atau pilih Name/URL! Name isi nama Anda dan URL isi alamat fb Anda, misal fb.com/ikhwan.sholeh

Semua komentar selalu dimoderasi dan tidak akan muncul sebelum disetujui oleh admin. Oleh karena itu, HARAP TIDAK MENGIRIM KOMENTAR LEBIH DARI SEKALI! Jika admin belum menjawab harap bersabar!

Centanglah bagian "Notify Me" agar Anda segera menerima email pemberitahuan saat komentar Anda telah dijawab admin!


Sosmed SantriNabawi dot Com
Instagram - Facebook - Twitter - Youtube