Close [X]
Assalaamu 'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh


Kenapa Pengumuman Beasiswa Arab Saudi Kurang Jelas Kapan Waktunya?





بسم الله الرحمن الرحيم
اللهم صل وسلم على عبدك ورسولك نبينا محمد وعلى اله وصحبه أجمعين


Tidak sedikit para pemburu beasiswa Kerajaan Arab Saudi yang mengeluhkan akan ketidak jelasan pengumuman calon mahasiswa yang diterima setiap tahunnya. Ada kampus yang tidak mengumumkan nama CaMaBa via website, melainkan hanya via email. Ada yang pengumuman via website namun waktunya tidak jelas. Ada yang begini dan begini, kok begitu?

Saudara Saudaraiku sekalian.. Sebelum masuk ke alasan ini dan itu, saya ingin tekankan bahwa BEASISWA ARAB SAUDI ITU SANGAT MAHAL NILAINYA, SANGAT WAJAR JIKA BUTUH KESABARAN YANG JUGA SANGAT EKSTRA!

Bagaimana tidak mahal, minimal mahasiswanya bisa haji sekali, baik gratis ataupun biaya sendiri. Berkesempatan umroh berkali-kali karena dekatnya jarak dengan Kota Makkah. Belum lagi kenikmatan dapat belajar dengan Ulama-Ulama Besar yang keilmuannya mumpuni. Sangat wajar jika untuk mendapat nikmat yang besar butuh perjuangan dan kesabaran yang besar pula. Baca Fasilitas Beasiswa Arab Saudi!

Sayangnya.. Sebagian pencari beasiswa bahkan sudah kehilangan adab, akhlak, dan kesabarannya SEBELUM MENDAFTAR. Laa haula wa laa quwwata illa billaah..

Saudara Saudariku sekalian.. Bagian pendaftaran dan pengumuman itu hanya SEBAGIAN KECIL ujian Allah atas nikmat-Nya yang besar. Kalaupun sudah dinyatakan diterima, masih akan ada tes kesehatan dan syarat lainnya yang harus diurus calon mahasiswa. Hal lain yang berkaitan dengan pihak kampus seperti calling visa dan tiket pesawat, keduanya ini bisa saja maksimal memakan waktu hingga setahun SETELAH PENGUMUMAN. Bayangin aja jika nunggu pendaftaran lama, nunggu pengumuman 1 tahun, dan nunggu keberangkatan 1 tahun. Sampai di Arab Saudi jangan dikira semuanya enak, akan ada cobaan-cobaan Allah lainnya yang akan menguji kesabaran.

Sebelum daftar saja sudah tidak berakhlak, gimana diminta nunggu 2 tahun sampai keberangkatan? Gimana kalau berususan di kantor kampus Saudi seminggu nggak selesai-selesai, bisa ngerusak fasilitas kantor tuh?! Kalau memang tidak siap bersabar dari awal silakan mundur teratur, jangan malah menunjukkan buruknya akhlak!

Baiklah kembali ke judul..

+ Kenapa Pengumuman Beasiswa Arab Saudi Kurang Jelas? Apakah tidak ada jadwal resmi untuk pengumuman mahasiswa asing?
- Saya rasa tentu ada. Buktinya beberapa kampus rutin menerima calon mahasiswa asing baru setiap tahunnya. Hanya saja karena berbagai faktor pengumuman bisa tertunda sekian bulan.

+ Apa saja faktor yang membuat pengumuman tertunda itu? Kalau tidak ada info resmi kira-kira saja, itu lebih baik daripada kita menunggu tanpa alasan sama sekali!
- Baiklah jika memang diminta kira-kira maka saya akan jelaskan berdasarkan info yang saya tahu dan opini/perkiraan saya. Point pertama yang perlu diketahui adalah, bahwa pihak kampus mengajukan sekian nama beserta data calon mahasiswa ke Kementerian Kerajaan. Nah dari sana bisa saja namanya dikurangi atau lama tidak turun-turun.

+ Kenapa daftar nama dari kampus bisa dikurangi pihak kementerian? Apa yang mereka lakukan dengan namadan data itu?
- Point kedua; Jadi di kementerian itu dipertimbangkan banyak urusan, diantaranya dari data calon mahasiswa akan dilihat apakah dia pernah melakukan pelanggaran-pelanggaran di Arab Saudi atau tidak. Sebagaimana umumnya aturan tidak boleh pernah DO di kampus Saudi. Tidak boleh menerima beasiswa dari lembaga lain, atau tidak boleh pernah menerima jenis beasiswa program yang sama, misal SUDAH SELESAI MENGIKUTI ma'had lughoh KSU lalu daftar lagi ma'had lugoh UQU, yang seperni ini bisa jadi otomatis ditolak.

Kementerian juga lebih mengetahui keuangan Kerajaan bagaimana, bisa jadi pengumuman ditunda karena keuangan Kerajaan sedang sulit. Menerima mahasiswa asing otomatis perlu mengeluarkan banyak biaya untuk segala macam fasilitas beasiswanya.

+ Terkhusus untuk UIM, kami dengar negara benua lain sudah keluar nama baru, kok Indonesia belum?
- Kembali ke masalah keuangan tadi. Negara lain rata-rata sedikit yang diterima, beda dengan Indonesia yang hampir 200an. Bayangkan untuk tiket saja kira-kira SR2.000 x 150 CaMaBa saja = SR300.000 sekitar 1 Miliar Rupiah hanya untuk tiket pesawat CaMaBa Indonesia, belum lagi negara lainnya.

Masalah Keuangan Kerajaan ini memang sudah ramai dibicarakan SEBAGIAN mahasiswa Indonesia di UIM. Karena memang bukan rahasia umum bahwa Kerajaan Saudi telah dan masih terus memperhatikan masalah angkatan militer, latihan militer gabungan, beli senjata, yang ini semua biayanya tidak sedikit. Mungkin keuangan Kerajaan lagi terkuras ke sektor militer ini. Jadi jika pengumuman belum keluar doakan saja keuangan Kerajaan segera membaik dengan pertolongan Allah.

+ Apakah ada faktor lain selain keuangan Kerajaan?
-  Ada. Untuk UIM sebagian asrama yang di luar kampus (Robwah) belum lama ini ditutup, jadi sebagian diperkenankan pindah ke dalam kampus. Saat proses pindah pun ternyata kamar di dalam kampus sudah banyak yang penuh, sebagian asrama diperbaiki, dan gedung-gedung baru belum selesai. Ini juga bisa jadi alasan kenapa calon mahasiswa Indonesia yang banyak belum keluar pengumumannya.

Bahkan terkait hal keuangan dan juga asrama ini, ada aturan baru bahwa semua mahasiswa S1 harus selesai 8 semester. Dengan begitu keuangan Kerajaan bisa lebih hemat dan asrama bisa segera digunakan untuk mahasiswa baru.

Jadi, kesimpulan KIRA-KIRA pengumuman kampus-kampus Saudi telat atau mundur dari biasanya kalau tidak sebab faktor keuangan ya asramanya emang lagi penuh, atau bahkan keduanya. Kedua faktor ini tidak mustahil juga terjadi di kampus lain, selain UIM.

+ Terkait waktu nunggu pengumuman, apakah memang 1 tahun?
- Iya. 1 tahun itu umumnya. Namun ada beberapa kampus yang lebih cepat sebagaimana sudah dijelaskan pada posting Tanya Jawab Beasiswa Kerajaan Saudi Arabia (KSA)!

+ Pengumuman via email?
- Kampus-kampus yang tidak mengumumkan via website seperti UIM, kemunginan mengumumkan via email. Karena semua kampus Saudi saat pendaftaran pasti ada form isian email. Jadi CUKUP CEK EMAIL SENDIRI SAJA, kalau tidak ada email dari kampus yang ditunggu ya daftar saja lagi kalau buka pendaftaran. Karena pihak kampus kalau mau pengumuman nggak bilang ke mahasiswa "Anak-anak kampus kita mau pengumuman, suruh anak-anak negaramu cek email!" nggak ada seperti itu. Bahkan yang lebih utama tahu ya pendaftar, karena dia yang punya email. Cara cek pengumuman UIM baca di Tanya Jawab Universitas Islam Madinah (UIM)!

Demikian posting lumayan panjang yang dibuat DISELA-SELA UAS dengan bahasa yang SEDIKIT TEGAS demi menjawab rasa penasaran pencari beasiswa sekalian dan PENEGASAN bagi yang kurang bersyukur dikasih info berharga secara gratis. Dikasih gartis aja kurang adab, apalagi diminta bayar!

ربنا أفرغ علينا صبرا وتوفنا مسلمين
اللهم نستغفرك إنك أنت الغفور الرحيم

Copyright @ SantriNabawi.Com
Madinah Al-Munawwarah,
18 Robi'ul Tsani 1438 H / 16 Januari 2017 M



Perhatian!!! Jika Anda merasa artikel website SantriNabawi ini bermanfaat, silakan share ke sosmed Anda dengan mengklik tombol share yang sudah disediakan di bawah ini! Copas/repost WAJIB mencantumkan bahwa sumbernya dari website SantriNabawi ini.

Jika dalam posting website SantriNabawi terdapat kesalahan, atau Anda ingin sekedar memberi kritik dan saran kepada admin, silakan kirim pesan saja ke fanspage SantriNabawi! Tidak perlu posting surat terbuka di website lain!!!

Dapatkan update info terbaru dengan Tips Jitu Agar Tak Ketinggalan Info Terbaru Website SantriNabawi.Com

Bagikan via

2 Responses to "Kenapa Pengumuman Beasiswa Arab Saudi Kurang Jelas Kapan Waktunya?"

Komentar tanpa nama (Anonim) tidak akan dijawab. Jika ingin berkomentar silakan login Gmail Anda atau pilih Name/URL! Name isi nama Anda dan URL isi alamat fb Anda, misal fb.com/ikhwan.sholeh

Semua komentar selalu dimoderasi dan tidak akan muncul sebelum disetujui oleh admin. Oleh karena itu, HARAP TIDAK MENGIRIM KOMENTAR LEBIH DARI SEKALI! Jika admin belum menjawab harap bersabar!

Centanglah bagian "Notify Me" agar Anda segera menerima email pemberitahuan saat komentar Anda telah dijawab admin!


Sosmed SantriNabawi dot Com
Instagram - Facebook - Twitter - Youtube