Close [X]
Assalaamu 'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh


Nasehat untuk CaMaBa UIM & Kampus Arab Saudi Lainnya





بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله الحليم العظيم وصلى الله على عبده محمد وعلى اله وصحبه وسلم



Suatu kemuliaan besar bagi Antum yang dipilih Allah Subhaanahu wa Ta'ala untuk menuntut ilmu di Bilad Haromain Kingdom Saudi Arabia (KSA). Di manapun Antum kuliah di dalamnya (KSA), yang jelas Allah sudah mendekatkan Antum pada dua tanah suci-Nya.

Yups.. Antum dekat dengan Masjidil Harom dan Ka'bah. Antum akan dekat dengan Masjid Nabawi dan Roudhoh. Antum akan dekat dengan Para Ulama. Serta dekat dengan alat-alat elektronik murah.

Sebagaimana umumnya, orang baru jika tiba di tempat yang baru baginya pasti akan banyak keperluan. Begitu juga dengan Tholib Jadid yang baru tiba di Saudi pasti banyak keperluan belanja ini dan itu.

Hal lain; Antum akan ketemu dengan orang dengan berbagai macam tipe dari seluruh penjuru dunia dan dari berbagai macam latar belakang keagamaan.

Oke, ana mulai saja dengan beberapa nasehat terkait keheterogenan manusia ini:

# Mu'amalah dengan Negara Lain #

Antum tentu akan ketemu dengan orang-orang yang adab dan kebiasaannya beda jauh dengan orang Indoneaia, bahkan mungkin Antum akan merasa terzholimi oleh mereka.

Contoh: Bagi sebagian negara menutup pintu dengan dibanting keras itu biasa. Bahkan saat di depan Ka'bah itu ada orang dorong, narik, dan marah-marah itu biasa. Maka bersabarlah semampu Antum, pahami bahwa begitulah budaya dan watak manusia Allah ciptakan berbeda-beda! Memang beda sama orang Indonesia yang kalem, santun, dan penyabar. Seperti Antum deh pokoknya. Iya Antum. He.em bener Antum.

Mari jaga citra baik Mahasiswa Indonesia di Arab Saudi, jangan sampai rusak karena ulah kita!

# Mu'amalah Sesama Orang Indonesia #

Kita sudah tahu bersama bahwa di Indonesia itu ummat Islam Sunninya terdiri dari banyak kelompok organisasi. Nah teman Antum seangkatan MaBa saja nantinya belum tentu sama latar belakangnya dengan Antum. Maka ana sarankan untuk bermu'amalahlah dengan baik! Kalaupun ingin menasehati gunakanlah hikmah!
  • Jangan sampai kuliah ke Saudi cuma niat cari duit beasiswa dan nyari-nyari kesalahan Saudi dan Ulamanya!
  • Jangan sampai niatnya nuntut ilmu untuk hebat-hebatan biar menang debat dan diakui sebagai Ustadz Sunnah!

Udahlah, semuanya minta petunjuk kebenaran kepada Allah dan fokus nuntut ilmu karena Allah!!! Jika Antum selama kuliah saja gak bisa bersatu, gimana dakwah di Indonesia?!?!

# Belanja Yang Terpenting #

- Jika Antum meninggalkan istri dan anak-anak. Maka pastikan untuk mengirimi nafkah untuk mereka!

- Belilah peralatan terpenting yang akan Antum perlukan terlebih dahulu. Misalnya ember, deterjen, dan alat kebersihan lainnya kalau gak bawa dari Indo!

- Kalau Antum masuk ma'had lughoh untuk persiapan bahasa mungkin belum perlu beli kitab. Yang langsung kuliah, jika sudah tau kitab muqorrornya maka segeralah beli agar bisa mengikuti pelajaran!

- Jika administrasi Antum sudah beres, ada libur yang cukup, ada uang ongkosnya, serta ada senior yang menemani maka umrohlah! Masa kuliah di Arab Saudi setahun gak umroh-umroh??

# Tabungan #

- Menabunglah untuk haji. Karena di KSA haji juga bayar. Alhamdulillaah jauh lebih murah dibanding haji dari Indonesia.

Jika Antum BELUM BERKELUARGA, ORANG TUA MAMPU, namun Antum gak haji-haji. Terus udah semester akhir bingung gak ada uang. ana katakan: ANTUM KETERLALUAN!!! DIKEMANAKAN SAJA UANG BEASISWA, SEHINGGA HAJI YANG WAJIB MALAH DILALAIKAN??

Teman-teman angkatan ana saja di Universitas Islam Madinah (UIM) di tahun pertama sudah banyak yang mampu untuk berhaji resmi dari nabung uang beasiswanya.

Jangan tergiur alat-alat elektronik yang tidak terlalu Antum butuhkan. Utamakan haji yang rukun Islam!!!

- Selain haji mungkin Antum bisa nabung untuk membawa istri tinggal di KSA, atau minimal mengumrohkannya bersama ortu Antum.

- Nabung buat beli kitab. Karena di Saudi Antum lebih mudah menemukan kitab para Ulama dengan berbagai versi cetakan. Di Indo mah terbatas.. -_-

- Nabung buat mahar dan nikah bagi Para Jomblo! ^_^

- Nabung buat modal usaha di Indonesia kerika Antum selesai kuliah nanti.

# Visa dan Tiket Belum Turun #

Hehe.. Harusnya bagian ini ditaruh di atas, tapi karena ana baru inget ya nggak papa ditaruh bagian akhir ya?

- Bersyukurlah kepada Allah Subhaanahu wa Ta'ala karena Antum diterima menjadi calon mahasiswa salah satu kampus di Arab Saudi. Perbanyak bersedekah dan mohon ampun mensucikan diri sebelum berangkat ke Kerajaan Arab Saudi yang di dalamnya ada dua tanah suci.

- Jangan terburu-buru berhenti dari kampus atau tempat Antum bekerja di Indonesia, karena pengurusan sampai keberangkatan mungkin memakan waktu cukup lama.

- Tetap bersabar jika nomor visa dan tiket belum turun, toh yang terpenting Antum sudah dinyatakan diterima! Ditunggu nggak ditunggu pun in syaa Allah keluar kok.

- Gunakan waktu menanti visa dan tiket dengan hal-hal yang bermanfaat! Misalnya memperlancar hafalan Qur'an bagi yang ingin masuk fakultas Qur'an di UIM. Atau memperdalam lagi pelajaran bahasa Arab biar gak terlalu kaku nantinya ketika sudah tiba di Arab Saudi.

- - - Selesai - - -

Demikianlah nasehat singkat ana. Semoga bermanfaat untuk para CaMaBa UIM 2017 dan CaMaBa di Universitas-Universitas Arab Saudi lainnya. Baca juga Tanya Jawab Fasilitas Beasiswa Arab Saudi!

{Madinah, 13 November 2015 / 1 Shofar 1437 H}
Update {Madinah, 9 Maret 2017 / 10 Jumadil Tsani 1438 H}
Copyright @ Ahmad Bilal Almagribi - SantriNabawi.Com
Mahasiswa Fakultas Syari'ah, Universitas Islam Madinah



Perhatian!!! Jika Anda merasa artikel website SantriNabawi ini bermanfaat, silakan share ke sosmed Anda dengan mengklik tombol share yang sudah disediakan di bawah ini! Copas/repost WAJIB mencantumkan bahwa sumbernya dari website SantriNabawi ini.

Jika dalam posting website SantriNabawi terdapat kesalahan, atau Anda ingin sekedar memberi kritik dan saran kepada admin, silakan kirim pesan saja ke fanspage SantriNabawi! Tidak perlu posting surat terbuka di website lain!!!

Dapatkan update info terbaru dengan Tips Jitu Agar Tak Ketinggalan Info Terbaru Website SantriNabawi.Com

Bagikan via

0 Response to "Nasehat untuk CaMaBa UIM & Kampus Arab Saudi Lainnya"

Post a Comment

Komentar tanpa nama (Anonim) tidak akan dijawab. Jika ingin berkomentar silakan login Gmail Anda atau pilih Name/URL! Name isi nama Anda dan URL isi alamat fb Anda, misal fb.com/ikhwan.sholeh

Semua komentar selalu dimoderasi dan tidak akan muncul sebelum disetujui oleh admin. Oleh karena itu, HARAP TIDAK MENGIRIM KOMENTAR LEBIH DARI SEKALI! Jika admin belum menjawab harap bersabar!

Centanglah bagian "Notify Me" agar Anda segera menerima email pemberitahuan saat komentar Anda telah dijawab admin!


Sosmed SantriNabawi dot Com
Instagram - Facebook - Twitter - Youtube