Close [X]
Assalaamu 'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh


Tutorial Cara Daftar Qiyas - Qudrat 'Amah Lil Jami'iyyin





بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين وصلى الله وسلم على نبينا محمد وعلى اله وصحبه أجمعين

Alhamdulillaah.. Tulisan ini dibuat secara khusus untuk Adik-adik tingkatku di Universitas Islam Madinah (UIM) yang tahun depan in syaa Allah akan mengikuti tes S2.. Secara umum dibuat untuk semua mahasiswa Indonesia yang sedang berkuliah di Arab Saudi dan berkeinginan melanjutkan jenjang pendidikannya, baik ke tingkat Master, Doktoral, atau Diploma Tinggi..

Posting Instagram @SantriNabawiNew

Penyelenggara: Qiyas

Nama Tes: Qudrat 'Amah Lil Jami'iyyin

Fungsi: Syarat pendaftaran pascasarjana hampir di seluruh universitas Kerajaan Saudi Arabia

Nilai minimal: 65 umumnya kampus Saudi, 70 untuk King Saud University (KSU)

Masa berlaku: 5 tahun

Info selengkapnya dapat dibaca langsung di web Qiyas pada link berikut https://www.qiyas.sa/ar/Exams/Education/University/Pages/default.aspx

Mulai tutorial..

1. Akses https://e-services.qiyas.sa/Qiyas.TRAS.Web.Internet/ lalu klik سجل الان

2. Untuk kita yang muqim di KSA pilih سعودي أو مقيم أو زائر في جواز مستقل, isi nomor iqomah, tanggal lahir akan otomatis terisi karena data di website Qiyas sudah terintegrasi dengan website Jawazat (imigrasi). Klik متابعة!

3. Nama otomatis terisi sesuai iqomah. Nama Arab saya cuma 3 kata, namun 4 kolom semua harus diisi. Maka solusinya pada salah satu kolom cukup isi dengan spasi satu kali. Nama latin isi sesuai paspor. Jika mau kosongi 1 kolom isi saja dengan 1 spasi. Upload foto tidak wajib, jika mau klik pada kotak bagian kiri.

4. Jelas semua kayanya ini

5. Jelas juga ya

6. Karena kita mahasiswa pilih تعليم جامعي! Isi tahun ke berapa Anda belajar?

7. Buat password, harus ada minimal 1 buah angka. Lalu pilih pertanyaan jika Anda lupa sandi. Ketik angka verifikasi lalu klik إرسال الطلب!

8. Proses buat akun Qiyas hampir selesai

9. Login email Anda lalu klik link aktivasi

10. Akun Qiyas Anda telah sukses diaktivasi

Posting Telegram @SantriNabawiCom

11. Email pemberitahuan bahwa untuk login adalah dengan nomor iqomah

12. Login dengan nomor iqomah dan password yang tadi Anda buat

13. Pilih الاختبارات المتاحة للتسجيل untuk melihat semua tes yang diselenggarakan Qiyas dan bisa didaftar. Untuk memfilter jenis ujian pada نوع الاختبار:  langsung pilih القدرات العامة للجامعيين lalu pilih yang tes via komputer (على الحاسب الآلي), jangan sampai salah pilih yang kertas.

14. Yang wajib dibawa cuma kartu iqomah saja.

15. Baca pernyataan dan perjanjian

16. Beri tanda ceklis dan klik التالي!

17. Selenjutnya memilih tempat tes. Di Madinah otomatis yang terdekat adalah di Taibah University. Beri tanda ceklis dan klik التالي!

18. Pilih bulan kapan pengen tes, lalu pilih tanggal yang tersedia. Qiyas menyelenggarakan berbagai tes selama 5 hari kerja Ahad-Kamis mulai pukul 08:00 pagi hingga kira-kira pukul 14:00 WAS siang.

19. Pada contoh di bawah ini, tanggal yang tersedia untuk tes adalah hari ini, Selasa tanggal 20, Ahad tanggal 25, dan Senin tanggal 26. Berarti Rabu tanggal 21 dan Kamis tanggal 22 sudah full.

20. Setelah memilih bulan dan tanggal klik اذهب إلى! Lalu pilih jam yang tersedia. Pada contoh ini tersisa 3 pilihan waktu.

Posting Instagram @SantriNabawiNew

21. Adapun contoh berikut malah cuma tersisa 1 pilihan waktu saja. Itulah mengapa perlu buru-buru booking kursi tes. Semakin dekat waktu tes S2 pasti makin ramai, maka baiknya tes Qudrat diambil jauh-jauh hari sebelumnya.

22. Klik التالي!

23. Klik التالي!

24. Beri tanda ceklis dan klik التالي!

25. Konfirmasi booking dengan mengklik حجز الموعد!

26. Klik المتابعة إلى الدفع!

27. Jika punya kartu kredit bisa dibayar dengannya. Jika tidak punya, pilih Sadad saja. Di bawah adalah cara pembayaran dengan Sadad. Kode Qiyas adalah 008 sebagaimana gambar di bawah.

28. Catat atau screen shot saja nomor faturoh yang harus Anda bayar. Terdiri dari nomor iqomah dan 3 angka di belakang adalah jumlah booking Anda di web Qiyas. Kalau pertama kali biasanya 001. Waktu bayar 24 jam sejak booking.

29. Berikut adalah tes yang Anda daftar, namun statusnya masih belum dibayar.

30. Untuk melakukan pembayaran bisa dilakukan dengan ATM Jamiah atau ATM Saudi lainnya in syaa Allah dan tidak harus kartu ATM pribadi. Bayarnya bisa nitip ke temen, cukup kasih nomor faturohnya aja. Langkahnya... Masukkan kartu ATM dan sandi seperti biasa. Pada halaman ini pilih SADAD payments!

Posting Telegram @SantriNabawiCom

31. Masukkan kode sadad Qiyas yaitu 008. Lalu konfirmasi.

32. Katik nomor faturoh pembayaran Anda lalu konfirmasi.

33. Tekan konfirmasi pembayaran untuk tes Qudrat ke Qiyas sebesar SR200.

34. Pembayaran selesai.

35. Dalam beberapa menit saja, in syaa Allah status di website Qiyas akan berubah sebagaimana gambar di bawah, bahwa pembayaran Anda telah diterima dan kursi tes Qudrat Anda sudah betul-betul terbooking. Anda masih bisa mengubah tanggal tes 72 jam (3 hari pas) sebelum jadwal tes asal.

36. Setelah Anda tes, tunggulah nilai Anda akan keluar in syaa Allah dalam 1 hari - 3 minggu kerja. Karena ada kemungkinan keluar 3 minggu, jadi jangan mepet-mepet ya tesnya.. Klik النتائج lalu pilih قياس القدرات للجامعيين dan klik بحث untuk melihat nilai Anda sudah keluar atau belum!

37. Berikut tampilan daftar nilai tes Qudratnya.. Pertama saya cuma dapat 62, dan kedua Alhamdulillaah dapat 78.. Di atas standar umum kampus Saudi 65, dan di atas standar KSU 70.. Untuk mencetak klik طباعة! Jika pengen ngulang tes, harus nunggu sebulan baru bisa booking lagi..

38. Klik طباعة!

39. Bisa juga dijadikan pdf jika perlunya untuk diupload. Jika butuh print out tinggal dicetak.

Mudzakiroh yang direkomendasikan

Mudzakiroh tersebut bukan resmi dari Qiyas. Sepertinya kumpulan soal asli dari orang-orang yang pernah tes. Dulu sebelum saya tes kedua, kata temen-teman 70%an lebih sama persis. Pas saya tes kedua masih ada soal yang sama, tapi sedikit banget. Minimal tau gambaran soalnya gimana, daripada nggak belajar sama sekali.

Total pdfnya 338 halaman. Bisa dibeli di Maktabah Ulum wal Hikam atau Khidmah Tholib di dalam kampus UIM.

Tips agar 338 halaman tidak terasa berat: Anggap saja 340 halaman. Targetkan Anda pengen selesaikan dalam waktu 34 hari. Jadi dalam sehari Anda cuma perlu baca minimal 10 halaman, lebih banyak bagus, biar selesai lebih cepat.

Demikianlah tutorial cara buat akun Qiyas, daftar tes Qudrat, cara pembayaran, hingga melihat nilai, plus tips menyelesaikan baca mudzakiroh tersebut.. Walau saya tidak diterima S2 di jurusan Ekonomi Islam dan juga tidak ikut tes Diploma Tinggi UIM, saya berharap semoga dengan tutorial ini Allah mudahkan Anda semua untuk mempersiapkan diri jauh-jauh hari tes Qudrat ini, agar tinggal fokus muqorror tes S2 saja setelahnya.. Saran saya, pastikan Anda tes Qudrat paling lambat 1 semester sebelum tes S2.. Semoga Allah beri kita taufiq dan hidayah-Nya serta keberkahan hidup dunia dan akhirat..

Posting Instagram @SantriNabawiNew

Copyright @ SantriNabawi.Com
Madinah Al-Munawwarah,
Selasa, 28 Jumadil Tsani 1440 H / 5 Maret 2019 M



Perhatian!!! Jika Anda merasa artikel website SantriNabawi ini bermanfaat, silakan share ke sosmed Anda dengan mengklik tombol share yang sudah disediakan di bawah ini! Copas/repost WAJIB mencantumkan bahwa sumbernya dari website SantriNabawi ini.

Jika dalam posting website SantriNabawi terdapat kesalahan, atau Anda ingin sekedar memberi kritik dan saran kepada admin, silakan kirim pesan saja ke fanspage SantriNabawi! Tidak perlu posting surat terbuka di website lain!!!

Dapatkan update info terbaru di WhatsApp dan Telegram Anda dengan Tips Jitu Agar Tak Ketinggalan Info Terbaru Website SantriNabawi.Com

Bagikan via

0 Response to "Tutorial Cara Daftar Qiyas - Qudrat 'Amah Lil Jami'iyyin"

Post a Comment

Komentar tanpa nama (Anonim) tidak akan dijawab. Jika ingin berkomentar silakan login Gmail Anda atau pilih Name/URL! Name isi nama Anda dan URL isi alamat fb Anda, misal fb.com/ikhwan.sholeh

Semua komentar selalu dimoderasi dan tidak akan muncul sebelum disetujui oleh admin. Oleh karena itu, HARAP TIDAK MENGIRIM KOMENTAR LEBIH DARI SEKALI! Jika admin belum menjawab harap bersabar!

Centanglah bagian "Notify Me" agar Anda segera menerima email pemberitahuan saat komentar Anda telah dijawab admin!


Sosmed SantriNabawi dot Com
Instagram - Telegram - Facebook - Twitter - Youtube