Close [X]
Assalaamu 'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh


Blog SantriNabawi Update Tampilan dan Fitur Baru





بسم الله الرحمن الرحيم

Hampir 6 bulan sudah blog SantriNabawi.BlogSpot.Com lahir ke dunia perinternetan (emang ada kosa kata perinternetan?) Tau deh -_-. Sejak kelahirannya pada awal bulan Februari 2015 blog ini hanya menggunakan template sederhana yang disediakan Blogger. Saat itu posting pertama di blog ini adalah Para Pemuda Indonesia Calon Mahasiswa Universitas Islam Madinah (UIM) 2014/2015 berisi pengumuman daftar nama putra bangsa Indonesia yang dinyatakan maqbul atau diterima sebagai mahasiswa Universitas Islam Madinah (UIM) tahun 1435/1436 H.

Dengan beberapa posting info terkait Universitas Islam Madinah (UIM) banyak orang datang ke blog ini. Untung yang datang orang lho, kalau jin yang datang gimana coba?? Sayangnya itu orang-orang cuma datang ke blog ana, coba dateng ke rumah nawarin anak gadisnya, kan cepet walimahan.. Hehe :D

Sebagaimana dalam kehidupan nyata kita diperintahkan oleh Rasulullah Shollallahu 'alaihi wa sallam untuk menghormati tamu, maka demi menghormati tamu yang datang ke blog ini, ana coba memperindahnya semaksimal mungkin yang ana bisa.

Yuk langsung aja kita lihat ikhtilaf 'ulama perbandingan dan perbedaan tampilan lama dan baru blog SantriNabawi berikut ini:

Halaman Home Lama
Hanya dihiasi background putih abu-abu saja. Baca putih abu-abu seperti inget sesuatu, tapi apa ya? ana kasih tau deh, itu lho sinetron yang dulu tayang di SCTV. Kok tau, biasa nonton ya? Nggak juga tuh.
 
Tulisan posting terlihat panjang di halaman home, karena tidak dipotong.

Adapun widget yang dipakai hanya 6, yaitu;
1- Salam
2- Entri Populer
3- Mengenai Saya
4- Arsip Blog
5- Total Tayangan Blogger
6- Bendera Pengunjung

Halaman Home Baru
Pada tampilan baru background masih putih, namun sudah ada variasi warna hitam, biru tua, biru muda, dan hijau muda.

Pada template baru ini ana juga menambahkan 4 Menu di bawah judul blog, yaitu; Home, Beasiswa Madinah, Berita, dan Kisahku.

Judul posting + foto ditampilkan dengan rapi disertai 2 baris tulisan posting.

Adapun widget masih sama seperti sebelumnya yang berjumlah 6 buah. Bedanya hanya widget Arsip Blog dipindah ke bagian bawah.

Halaman Posting Lama
 
Pada halaman posting lama bagian atas tidak ada beda dengan halaman home lama. Dan pada bagian bawah hanya ada kotak komentar Blogger.

Halaman Posting Baru
Pada halaman posting baru di bawah judul ana tambahkan FansPage Facebook SantriNabawi. Silakan dilike ya bagi yang belum! Hehe :)

Widget yang 6 juga tidak beda dari halaman home baru.

Nah disini updatenya, pada template baru ini ana pasang bebrapa fitur baru, yaitu:
1- Tombol like dan share ke SosMed seperti Google+, Facebook, Twitter, dll.
2- Ada daftar artikel terkait.
3- Ada form komentar Facebook.* (Baca di akhir posting!)

Adapun di bawahnya tetap sama, form komentar Blogger dan Arsip Blog seperti di halaman Home.

Home Mobile Lama
Hanya menampilkan beberapa judul posting dan widget Mengenai Saya.

Posting Mobile Lama

Hanya menampilkan posting dan widget Mengenai Saya. 

Home Mobile Baru

Pada home mobile baru jelas jauh berbeda dari home mobile lama, karena pada mobile baru semua widget tetap tampil. Bedanya dari tampilan web ada pada 4 Menu di bawah Judul Blog dan Widget Kanan (Entri Populer - Statistik Bendera Pengunjung) turun ke bagian bawah Arsip Blog.

Posting Mobile Baru
Pada posting mobile baru juga jelas jauh berbeda dari posting mobile lama, karena pada mobile baru semua widget juga tetap tampil. Semua fitur halaman posting mobile sama dengan fitur halaman web.

Kesimpulan Update

1- Lebih berwarna
2- Dibuatnya 4 Menu
3- Judul posting + foto dan 2 baris posting pada home.
4- FansPage Facebook
5- Tombol like dan share ke SosMed seperti Google+, Facebook, Twitter, dll.
6- Ada daftar artikel terkait.
7- Ada form komentar Facebook.* (Baca di akhir posting!)
8- Mobile version dengan fitur lengkap.

Yang tetap sama

1- Widget Salam
2- Widget Entri Populer
3- Widget Mengenai Saya
4- Widget Arsip Blog
5- Widget Total Tayangan Blogger
6- Widget Bendera Pengunjung
7- Form Komentar Blogger.

Demikianlah Update Tampilan dan Fitur Baru Blog SantriNabawi yang ana kerjakan kurang lebih 2 malam, tgl 27-28 Juli 2015. Alhamdulillaah sekarang sudah selesai. Semoga update ini membawa manfaat dan kemudahan bagi para pengunjung yang mengakses blog SantriNabawi melalui versi web maupun versi mobile.

Update 02 Agustus 2015: Form komentar Facebook ana hapus, krn gak ada notifnya. Jadi ana nggak tau kalau ada komen. Daripada ada komentar yg tak terbalas, mendingan ana hapus kan? :)

Copyright @ Ahmad Bilal Almagribi {Palangka Raya, 13 Syawwal 1436 H / 29 Juli 2015 M}
Mahasiswa Fakultas Syari'ah, Universitas Islam Madinah



Perhatian!!! Jika Anda merasa artikel website SantriNabawi ini bermanfaat, silakan share ke sosmed Anda dengan mengklik tombol share yang sudah disediakan di bawah ini! Copas/repost WAJIB mencantumkan bahwa sumbernya dari website SantriNabawi ini.

Jika dalam posting website SantriNabawi terdapat kesalahan, atau Anda ingin sekedar memberi kritik dan saran kepada admin, silakan kirim pesan saja ke fanspage SantriNabawi! Tidak perlu posting surat terbuka di website lain!!!

Dapatkan update info terbaru dengan Tips Jitu Agar Tak Ketinggalan Info Terbaru Website SantriNabawi.Com

Bagikan via

0 Response to "Blog SantriNabawi Update Tampilan dan Fitur Baru"

Post a Comment

Komentar tanpa nama (Anonim) tidak akan dijawab. Jika ingin berkomentar silakan login Gmail Anda atau pilih Name/URL! Name isi nama Anda dan URL isi alamat fb Anda, misal fb.com/ikhwan.sholeh

Semua komentar selalu dimoderasi dan tidak akan muncul sebelum disetujui oleh admin. Oleh karena itu, HARAP TIDAK MENGIRIM KOMENTAR LEBIH DARI SEKALI! Jika admin belum menjawab harap bersabar!

Centanglah bagian "Notify Me" agar Anda segera menerima email pemberitahuan saat komentar Anda telah dijawab admin!