Assalaamu 'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh


Close [X]


Tidak menemukan beasiswa yang Anda cari?
Coba kunjungi web baru
SantriNabawi.ID


Seleksi S1 Mesir, Maroko, Sudan, Lebanon 2017-2018 Beasiswa & Non-Beasiswa




Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!


بسم الله الرحمن الرحيم
اللهم صل وسلم على نبينا محمد وعلى اله وصحبه أجمعين

Seleksi S1 Mesir, Maroko, Sudan, Lebanon 2017-2018 Beasiswa & Non-Beasiswa
Seleksi S1 Mesir, Maroko, Sudan, Lebanon 2017-2018 Beasiswa & Non-Beasiswa

Alhamdulillaah.. Pada kesempatan ini SantriNabawi.Com kembali ingin berbagi info seleksi beasiswa dan non-beasiswa Timur Tengah 2017-2018 untuk 4 negara, yaitu Maroko, Lebanon, Mesir, dan Sudan. Sebagaimana tahun lalu kegiatan ini juga dikordinir oleh Kementerian Agama Republik Indonesia yang lokasi tesnya dibagi ke beberapa UIN di Indonesia. Berikut info yang admin kutip dari website resmi Kemenag:
SELEKSI BEASISWA DAN NON BEASISWA PROGRAM S1
PERGURUAN TINGGI LUAR NEGERI
(TIMUR TENGAH: MESIR, MAROKO, SUDAN, DAN LEBANON)
TAHUN AKADEMIK 2017-­2018

A. Latar Belakang
Sebagai tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara pemerintah Republik Indonesia (Kementerian Agama RI) dengan pemerintah Arab Mesir (Al-­Azhar Al-­Syarif), pemerintah Rebublik Sudan, pemerintah Kerajaan Maroko, dan pemerintah Kerajaan Lebanon dalam bidang pendidikan serta pemberian beasiswa bagi lulusan terbaik dari Sekolah/ Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren di Indonesia.
Disamping itu, untuk mengantisipasi meningkatnya minat calon mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke Negara-­negara di kawasan Timur Tengah yang tidak dibarengi dengan kualitas memadai, maka Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam akan melakukan seleksi penerimaan calon mahasiswa baik program beasiswa maupun non beasiswa dengan menguji kemampuan akademik, hafalan/bacaan Al-­Quran dan pemahaman Bahasa Arab.

B. Tujuan

1. Menyaring para lulusan madrasah Aliyah/pondok pesantren/sederajat yang potensial dan memiliki bakat dan minat yang kuat dalam pengembangan pendidikan agama Islam dan pendidikan Bahasa Arab.
2. Mempersiapkan generasi terbaik dalam bidang ilmu ke-­Islaman dan Bahasa Arab dalam rangka mencerdaskan calon ilmuwan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

C. Persyaratan dan Ketentuan Mengikuti Seleksi

1. Melakukan pendaftaran secara online melalui website: http//diktis.kemenag.go.id dan mengunduh bukti pendaftaran online (kartu peserta).
2. Pas Foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.
3. Melampirkan legalisir ijazah Madrasah Aliyah/SMA/Ponpes/Muadalah/Kejar Paket C atau yang sederajat dari lembaga setempat dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Usia ijazah tidak lebih dari 3 (tiga) tahun, dan khusus bagi pendaftar ke Maroko usia ijazah tidak lebih dari 1 (satu) tahun.
b. Bagi yang belum memiliki ijazah, harus melampirkan surat keterangan lulus dari Madrasah Aliyah/SMA/Ponpes/Muadalah/Kejar Paket C atau yang sederajat dari lembaga yang bersangkutan.
4. Semua persyaratan (dalam bentuk hard copy) harus diserahkan langsung ke lokasi pendaftaran sebelum pelaksanaan seleksi pada tanggal, 23-­24 Mei 2017.
5. Peserta harus mengikuti seleksi sesuai dengan lokasi pilihan pendaftaran yang
dipilih.

D. Waktu Pendaftaran dan Tempat Pelaksanaan Seleksi

1. Pendaftaran online melalui website: www.diktis.kemenag.go.id dari tanggal 15-­23 Mei 2017.
2. Waktu pelaksanaan seleksi adalah sebagai berikut:

Kamis, 25 Mei 2017

Tulis
08.00 WIB -­ 10.30 WIB
09.00 WITA -­ 11.30 WITA
Lisan
10.45 WIB -­ Selesai
11.45 WITA -­ Selesai

3. Tempat Pelaksanaan Seleksi
1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Jl. Ir.H. Juanda No.95 Ciputat Tangerang Selatan
2. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta JL. Marsda Adi Sucipto Yogyakarta
3. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Jl. Gajayana No.50 Malang
4. UIN Alauddin Makassar Jl. Samata Gowa Sulawesi Selatan
5. UIN Raden Fatah Palembang Jl. Jenderal Sudirman Km.31/2 Palembang Sumsel
6. UIN Pekanbaru Riau Jl. H.R. Soebrantas No.155 Km.18 Simpang Baru Panam Pekambaru Riau
7. UIN Sumatera Utara Medan Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate Medan
8. UIN Ar Raniri Banda Aceh Jl. Syekh Abdul Rauf Kopelma Darussalam Banda Aceh
9. UIN Antasari Banjarmasin Jl. Ahmad Yani Km.4,5 Banjarmasin Kalsel
10. UIN Sunan Ampel Surabaya Jl. Ahmad Yani No.117 Surabaya
11. UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jl. A.H. Nasution No. 105, Cipadung, Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat
12. Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Desa Gontor, Mlarak, Gontor, Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 6

E. Materi Ujian
1. Ujian Tulis (menggunakan Bahasa Arab) meliputi: bahasa Arab (memahami teks, tata Bahasa dan Insya’) dan Pengetahuan Agama Islam.
2. Ujian Lisan (menggunakan Bahasa Arab) meliputi: Bahasa Arab (percakapan, terjemah dan pemahaman teks) dan hafalan/bacaan Al-­Quran minimal 2 juz.

F. Hasil Seleksi
Hasil seleksi akan diumumkan oleh Kementerian Agama tanggal 6 Juni 2017 melalui website: www.diktis.kemenag.go.id
G. Tim Pelaksana Seleksi
1. Tim pelaksana Pusat dibentuk dan ditunjuk oleh Dirjen Pendidikan Islam.
2. Tim pelaksana Daerah dibentuk dan ditunjuk oleh pimpinan institusi bersangkutan.
3. Tim penguji baik tulis maupun lisan ditunjuk oleh Dirjen Pendidikan Islam dan Keputusan tim penguji tidak dapat diganggugugat.

H. Lain-­lain

1. Para peserta akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp.150.000,-­ (seratus lima puluh ribu rupiah) dan diserahkan kepada panitia lokal pada saat penyerahan berkas.
2. Hal-­hal lain yang belum diatur dalam pengumuman ini dan jika terjadi perubahan terkait dengan jadwal seleksi akan diumumkan tersendiri melalui website: www.diktis.kemenag.go.id
3. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dapat menghubungi ke no. telepon (021) 3812 344 ext. 326;; email: seksi.kerjasamadiktis@kemenag.go.id

Jakarta, 8 Mei 2017
a.n. Direktur Jenderal,
Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam

TTD

Nizar

Tembusan Yth:
Direktur Jenderal Pendidikan Islam (sebagai laporan)



1. Link pendaftaran online http://diktis.kemenag.go.id/timteng12/017/

2. admin sama sekali tidak terkait dengan pelaksanaan seleksi ini, hanya mengutip info dari web Kemenag RI. Jadi, segala pertanyaan silakan ditujukan kepada kontak H No.3 di atas!

3. Beasiswa ini bisa jadi solusi bagi teman-teman yang sudah sekian lama daftar beasiswa Saudi Arabia, namun tak kunjung diterima. Atau bagi akhwat yang belum punya mahrom, bagi yang sudah lulus SMA dan ijazahnya belum keluar tetap bisa daftar.

4. Berusahalah mengikhlaskan niat untuk menuntut ilmu karena Allah, bukan hanya ingin berstatus kuliah di luar negeri! Kalau niat hanya ingin berbangga-bangga, dikhawatirkan tidak lama kuliah sudah tidak akan dapat bersabar di negera orang.

5. Ingat bahwa tidak semua yang diterima pasti dapat beasiswa, melainkan ada yang juga diterima tapi non-beasiswa alias biaya sendiri. Jadi, silakan dipertimbangkan segalanya dengan berdiskusi dengan kedua orang tua Anda.

6. Info terakir Pengumuman Hasil Seleksi Beasiswa Mesir, Sudan, Maroko, dan Lebanon 2017/2018

Baarakallaahu fiikum..

Copyright @ SantriNabawi.Com
Madinah Al-Munawwarah, 
22 Sya'ban 1438 H / 18 Mei 2017 M
Update Palangka Raya, 
14 Ramadhan 1438 H / 09 Juni 2017 M


Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!




Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!







Perhatian!!! Jika Anda merasa artikel website SantriNabawi ini bermanfaat, silakan share ke sosmed Anda dengan mengklik tombol share yang sudah disediakan di bawah ini! Copas/repost WAJIB mencantumkan bahwa sumbernya dari website SantriNabawi ini.

Jika dalam posting website SantriNabawi terdapat kesalahan, atau Anda ingin sekedar memberi kritik dan saran kepada admin, silakan kirim pesan saja ke fanspage SantriNabawi! Tidak perlu posting surat terbuka di website lain!!!

Dapatkan update info terbaru di WhatsApp dan Telegram Anda dengan Tips Jitu Agar Tak Ketinggalan Info Terbaru Website SantriNabawi.Com

Bagikan via

25 Responses to "Seleksi S1 Mesir, Maroko, Sudan, Lebanon 2017-2018 Beasiswa & Non-Beasiswa"

  1. Mana pengumumam hasil seleksi beasiswa dan non beasiswa program s-1 perguruan tinggi luar negeri (timur tengah) tahun akademik 2017/2018

    ReplyDelete
    Replies
    1. Afwan, harap lain kali agar tidak mengirim komen serupa lebih dari sekali, sebab Antum mengirim 3 komen yang serupa!

      Silakan lain kali baca lebih teliti lagi, sejak awal sudah tercantum F. Hasil Seleksi pengumuman di web diktis! Baarakallaahu fiik..

      Delete
  2. Replies
    1. Sudah keluar sejak 8 Juni. Silakan lain kali tunggu infonya langsung dari website diktis! Baarakallaahu fiik..

      Delete
  3. Assalamu alaikum ustad saya mau tanya klo usia ijazah pas 3 tahun gimana? Apkah boleh? Mengingat saya bekerja 3 tahun dan menabung untuk kuliah dimesir

    ReplyDelete
  4. Assalamu alaikum ustad. Saya mau nanya kalo usia ijazah 3 tahun pas gimana apakah bisa? Mengingat saya bekerja selana 3 tahun Menabung untuk kuliah keMesir.
    Terimakasih ustad
    Assalamu alaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalaam Wr.Wb..
      Harap lain kali tidak mengirim komentar double..

      Silakan dicoba saja daftar, kalau lulus administasi berkas ya ikuti tes seleksinya. Kalau tidak lulus administrasi, masih banyak beasiswa lain. Kalau banyak peluang kuliah gratis kenapa harus bayar?

      Delete
  5. Assalamualaikum Ustadz Afwan kalau untuk seleksinya dibatasi umur atau tidak..Syukron

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalaam Wr.Wb..
      Umur pendaftar tidak dibatasi. Yang dibatasi hanya umur ijazah. Silakan baca lagi bagian C3a di atas.. Baarakallaahu fiik..

      Delete
  6. Asaalamu alaikum ustad. Ijazah SMK bisa mendaftar ke Mesir atau tdk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa’alaikumussalaam Wr.Wb..
      Pada C3 disebutkan MA/SMA atau yang sederajat. SMK termasuk in syaa Allah..

      Delete
  7. Wa'alaikumussalaam Wr.Wb..
    Silakan ditunggu saja infonya dari website kemenag, kira-kira April/Mei 2018..

    ReplyDelete
  8. Itu ujian lisannya, hafal Qur'an minimal 2 juz aja?

    ReplyDelete
  9. Assalamu'alaikum ustadz. Apakah lulusan SMA Negeri bisa mengikuti tes?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  10. Kapan di buka pendaftaran ke universitas timur tengah

    ReplyDelete
  11. Afwan usr..untuk pendaftran serta seleksi di tahun 2018 2019 kpn di buka??🙏🙏 syukron

    ReplyDelete
  12. Maaf min mengenai tiket. Apakah nntinya di kasih atau beli sendiri

    ReplyDelete
  13. adakah jadwal pendaftaran beasiswa 2018-2019?

    ReplyDelete
  14. assalamualaikum...adakah pendaftaran di 2018-2019?
    Bila?

    ReplyDelete
  15. Semoga tahun depan bisa mendaftar dan dapat beasiswa.

    ReplyDelete
  16. Afwan mau bertanya. jurusan apa saja ya untuk kuliah S1nya?

    ReplyDelete
  17. Assalamu alaikum ustadz! Saya lulusan 2016. Apakah saya masih bisa mengikuti tahun depan? Mohon dijawab ustadz

    ReplyDelete
  18. Assalamu alaikum we wb sy lulusan pesantren AL Fatta jennepontotdk punya ijazah umum apakah boleh ikut tes?

    ReplyDelete
  19. assalauallaikum, maaf min, ijazah ma'had aly apakah bisa mendaftar min, dan dipesantren yang saya tinggali ini wajib mengabdi 1 tahun, juga kuliah bersama istri keluar negri, dan apakah ada beasiswanya bersama istri, tetapi istrinya tidak kuliah, mohon infonya min

    ReplyDelete

Komentar tanpa nama (Anonim) tidak akan dijawab. Jika ingin berkomentar silakan login Gmail Anda atau pilih Name/URL! Name isi nama Anda dan URL isi alamat fb Anda, misal fb.com/ikhwan.sholeh

Semua komentar selalu dimoderasi dan tidak akan muncul sebelum disetujui oleh admin. Oleh karena itu, HARAP TIDAK MENGIRIM KOMENTAR LEBIH DARI SEKALI! Jika admin belum menjawab harap bersabar!

Centanglah bagian "Notify Me" agar Anda segera menerima email pemberitahuan saat komentar Anda telah dijawab admin!


Sosmed SantriNabawi dot Com
Instagram - Telegram - Facebook - Twitter - Youtube