Close [X]
Assalaamu 'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh


Cara Daftar Online Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud (IMAMU), Riyadh, KSA





بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين وصلى الله وسلم على نبينا محمد وعلى اله وصحبه أجمعين

(Tulisan dibuat pertama kali 2017, 2 tahun lalu)


Alhamdulillaah.. Di hari admin harus meninggalkan kota kelahiran, tanah air, nusantara ini Allah Subhaanahu wa Ta'ala masih memberikan panggilan hati agar menyempatkan pembuatan tutorial yang mungkin banyak dibutuhkan teman-teman followers/likers web SantriNabawi dot Com.

Meski di saat repot seperti ini, mengingat orang-orang sholeh dan sholehah yang banyak bersyukur kepada Allah dan mendoakan kebaikan bagi admin, rasanya sangat perlu berjuang menyelesikan tutorial ini untuk mereka. Walaupun yang kurang bersyukur dan baru muncul untuk mengkritik saja juga ikut menikmatinya.

Posting Instagram @SantriNabawiNew

Isi tutorial ini memang masih banyak kekurangan. Namun orang yang berjiwa bersih akan paham bahwa proses pendaftaran yang akan dijelaskan ini panjang dan agak ribet, belum lagi menscreenshot 39 gambar, memberi terjemah, dan panah petunjuk. Maka, saya berdoa semoga Allah Subhaanahu wa Ta'ala memudahkan orang-orang yang bisa bersyukur. Aamiin..

Dokumen syaratnya apa? Deadlinenya kapan? Baca dulu Beasiswa Al-Imam Mohammad Ibn Saud Islamic University (IMAMU), KSA 2019

Kita mulai saja cara pendaftaran onlinenya:

1. Akses web https://menha.imamu.edu.sa/#/login akan tampil seperti gambar di bawah ini. Klik sesuai panah!
Cara Daftar Online Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud (IMAMU), Riyadh, KSA

2. Tulis email, ulangi email, kata sandi (password) harus ada 1 angka dan 1 huruf kapital, ulangi password, nomor paspor, tanggal expired paspor. Adapun iqomah (KTP Saudi) dan nomornya dikosongi saja.

3. Isi nama Anda per kolom 1 kata. Jika nama cuma tiga kata, ulangi kata terakhir. Kalau kurang dari 3 kata? Paspor untuk ke Saudi harus minimal 3 kata, jadi ikuti nama di paspor yang sudah ditambah nama ortu Anda. Baca Kesalahan Fatal Penulisan Nama Pendaftar Beasiswa Arab Saudi! Pilih ذكر untuk pria dan أنثي untuk perempuan. Tahun lahir dalam masehi, tanggal hijriah otomatis. Nomor handphone, kode negara Indonesia 0062 lalu dilanjut no hp 85ABCD... Klik إرسال untuk mengirim kode verifikasi. Masukkan kode verifikasi yang didapat di email, lalu klik tombol hijau.


4. Login email dan copy kode verifikasinya

5. Pembuatan akun di website IMAMU sukses. Baru buat akun lho, belum selesai daftar program beasiswanya. Login dengan memasukkan email dan kata sandi!

6. Klik طلب جديد untuk buat permintaan beasiswa


7. Klik sesuai panah

Posting Telegram @SantriNabawiCom

8. Baca persyaratan lalu centang dan klik tombol setuju.

9. Sama seperti sebelumnya.

10. Masih sama seperti sebelumnya.

11. Pilih minhah khorijiyyah (beasiswa luar negeri)! Program beasiswa untuk mahasiswa Asing yang tersedia hanya Ma'had Lughoh (Pra-S1) atau S1 saja.

12. Ada 7 pilihan fakultas; Ilmu Administrasi, Bahasa dan Terjemah, Humaniora, Syariah, Ushuluddin, Bahasa Arab, dan Ilmu Aplikatif (Terapan).

13. Pilih fakultas yang Anda inginkan.

14. Cek kembali nama Anda

Posting Instagram @SantriNabawiNew

15. Upload kartu identitas diri (KTP) coba aja pdf atau jpg

16. Dokumen telah terupload

17. Nomor paspor, Negara diterbitkannya paspor, dan tanggal expired

18. Kebangsaan, Negara tempat tinggal, Provinsi, dan Kota

19. Jalan, nomor rumah, kode pos dan upload paspor bisa pdf atau jpg

20. Informasi tempat dan tanggal lahir

21. Informasi agama

Posting Telegram @SantriNabawiCom

22. Nomor kontak

23. Jelas tulis huruf latin.

24. Sama saja, tulis huruf latin. Mungkin akan diminta tes/wawancara online. Mungkin loh, bisa saja nggak.

25. admin tidak paham bagian ini, entah maksudnya siapa yang mengenalkan info beasiswa atau cukup siapa yang Anda kenal. Yang membuat ribet nomor hp nya kode negara Arab Saudi. Silakan kreasikan jawabanmu sendiri. Lembaga atau orang, lalu nama lembaganya.

26. Gelar, Nama Tanpa Title, lalu Jabatan, dan nomor hp tokoh 1.

27. Gelar, Nama Tanpa Title, lalu Jabatan, dan nomor hp tokoh 2.

28. Pengalaman kerja

Posting Instagram @SantriNabawiNew

29. Keterampilan (skill) dan pengalaman. Ada pilihan olahraga, pidato, dll. Upload dokumen pendukung, misal sertifikat juara lomba. No. 29 dan 30 ini tidak wajib diisi.

30. Sertifikat atau Nilai yang dimaksud admin juga kurang paham. Akhirnya diisi sembarangan pakai angka seperti ini. Silakan kreasikan jawabanmu sendiri..

31. Informasi kesehatan Anda

32. Status sosial lajang atau sudah menikah

33. Informasi ijazah SMA Anda; negara diperoleh ijazah, kota, dan tanggal dikeluarkannya ijazah.

34. Jenis sekolah pilih حكومية jika negeri dan pilih أهلية jika swasta. Nama sekolah. Kategori nilai Anda dan angkanya.

35. Upload ijazah SMA/sederajat, transkrip nilainya, dan keterangan dokter pdf atau jpg

Posting Instagram @SantriNabawiNew

36. Upload yang ada dan lewati yang tidak ada. Pengalaman dan pengalaman tambahan bisa Anda isi dengan sertifikat prestasi, khususnya yang berbahasa Arab agar dipahami Syaikh yang menyeleksi pendaftaran. pdf atau jpg

37. Sampai di sini terlihat bahwa status pendaftaran belum terkirim. Untuk mengirimnya klik tombol biru إرسال الطلب di bawah!

38. Pendaftaran selesai. Untuk mengedit data klik tombol تعديل الطلب! Jika setelah edit data status kembali belum terkirim seperi no.37 di atas ya klik saja kirim lagi.

Sekian Tutorial Cara Daftar Online Jaami'ah Imam Muhammad bin Suud Al-Islamiyyah (IMAMU), Riyadh, Kerajaan Saudi Arabia (KSA).

Pengumuman kapan? Allahu A'lam. Bisa 1-4 tahun kemudian. Hanya yang diterima yang akan dapat email isy'ar qobul dan calling visa. Yang tidak diterima di-php bertahun-tahun sampai sadar diri kalau tidak diterima.

Posting Telegram @SantriNabawiCom

Udah dulu, belum packing. Sore ini terbang dari Palngka Raya, Kalimantan Tengah menuju Jakarta-Doha-Istanbul-Madinah. Mohon do'a semoga Allah berkahi safar kami untuk kembali menuntut ilmu di kota Nabi, Madinah Al-Munawwarah.

Nggak usah tanya masalah tutorial ini, deadline mepet, nggak bakal sempat, admin in syaa Allah tiba di Madinah 15 September 2017. Silakan isi sebisanya sampai selesai. Itu lebih baik daripada nggak selesai sama sekali.

Copyright @ SantriNabawi.Com
Palangka Raya,
22 Dzulhijjah 1438 H / 13 September 2017 M
Update 22 Dzulhijjah 1440 H / 23 Agustus 2019 M



Perhatian!!! Jika Anda merasa artikel website SantriNabawi ini bermanfaat, silakan share ke sosmed Anda dengan mengklik tombol share yang sudah disediakan di bawah ini! Copas/repost WAJIB mencantumkan bahwa sumbernya dari website SantriNabawi ini.

Jika dalam posting website SantriNabawi terdapat kesalahan, atau Anda ingin sekedar memberi kritik dan saran kepada admin, silakan kirim pesan saja ke fanspage SantriNabawi! Tidak perlu posting surat terbuka di website lain!!!

Dapatkan update info terbaru di WhatsApp dan Telegram Anda dengan Tips Jitu Agar Tak Ketinggalan Info Terbaru Website SantriNabawi.Com

Bagikan via

12 Responses to "Cara Daftar Online Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud (IMAMU), Riyadh, KSA"

  1. الحمد لله،، جزاكم الله خيرا أخي ومعاك النجاح

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum warahmatullah Wabarakatuh, afwan ustadz, ana hendak bertanya terkait ijazah yang diupload ke website Jamiatul Imam itu sudah diterjemah atau yang masih asli? Jazakumullah Khoiron ustadz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalaam Wr.Wb..
      Terjemahan ijazah berbahasa Arab. Silakan baca #Terjemahan# di posting Tanya Jawab Beasiswa KSA (link di atas)

      Delete
  3. Assalamu'alaikum, apakah berkas yang di upload harus sudah diterjemahkan ke bahasa arab ?
    syukron, jazakalloh khoiron katsiron

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalaam Wr.Wb..
      Terjemahan ijazah berbahasa Arab. Silakan baca #Terjemahan# di posting Tanya Jawab Beasiswa KSA (link di atas)

      Delete
  4. Assalamu'alaikum. saya sudah melakukan tahap pembuatan akun, akan tetapi ketika saya masuk menggunakan akun saya tidak ada kolom untuk melakukan pengisian biodata, bagaimana solusinya? terima kasih

    ReplyDelete
  5. رقم الإقامة maksudnya apa yahh admin?

    ReplyDelete
  6. assalamualaikum min .....ana kan mau daftar nih min ,,,tpi gak ada pilihan minhah khorijiyahnya min ,,,gimana itu min

    ReplyDelete
  7. saya udah daftar tahap akhir, tapi dibagian akhirnya kok susah di klik إرسال الطلب

    solusinya bagaimana ya, mudah mudahan bisa menjadi amal shaleh bagi yang menjawab, khususnya admin yang dimuliakan oleh Allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sulitnya bagaimana akh? daftarnya lewat hp atau laptop?

      Kalau sulit diklik karena adanya error biasanya itu error terjadi pada lampiran, coba diulang upload lampirannya akh pada halaman sebelumnya. Yassarallahu laka wa baarakallahu fiik..

      Delete
  8. Assalamu'alaikum ustadz, afwan ana sudah sampai tahap pengupload an berkas, tp kok malah ada masalah yah???? tulisannya begini "توجد مشكلة في بعض المرفقات برجاء مراجعة الطلب".... Bagaiman Ustdaz???

    ReplyDelete

Komentar tanpa nama (Anonim) tidak akan dijawab. Jika ingin berkomentar silakan login Gmail Anda atau pilih Name/URL! Name isi nama Anda dan URL isi alamat fb Anda, misal fb.com/ikhwan.sholeh

Semua komentar selalu dimoderasi dan tidak akan muncul sebelum disetujui oleh admin. Oleh karena itu, HARAP TIDAK MENGIRIM KOMENTAR LEBIH DARI SEKALI! Jika admin belum menjawab harap bersabar!

Centanglah bagian "Notify Me" agar Anda segera menerima email pemberitahuan saat komentar Anda telah dijawab admin!


Sosmed SantriNabawi dot Com
Instagram - Telegram - Facebook - Twitter - Youtube