Close [X]
Assalaamu 'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh


Klarifikasi Resmi Seputar Umm Al-Qura University (UQU), Mana Yang HOAX Mana Yang Benar?





بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين وصلى الله وسلم على نبيه محمد وعلى اله وصحبه أجمعين

Sejak hari Selasa, 31 Oktober 2017 lalu beredar status facebook dan broadcast whatsapp yang berisi info fasilitas beasiswa di Universitas Ummul Quro' Makkah yang di bagian akhirnya mencantumkan link ke web SantriNabawi ini. Sayangnya status dan broatcast yang tersebar ini berisi beberapa info yang tidak benar. Akibatnya banyak orang yang salah paham, sampai-sampai kemarin siang admin mendapat pesan yang asalnya dari salah seorang mahasiswa Jaami'ah Ummul Quro' untuk mengedit beberapa info yang salah. Meskipun yang tersebar itu bukan tulisan hasil susunan saya.

Sebelum membahas klarifikasinya, saya sebagai admin tunggal SantriNabawi dot com ingin berterima kasih kepada penyusun tulisan UQU tersebut Jazaahullaahu khoiro. Kita sebagai muslim hendaknya bersangka baik kepada sesama. Maka saya ber-husnu-zhon bahwa tujuan beliau baik dan mulia memotivasi pelajar Indonesia untuk belajar di Makkah Al-Mukarramah, kota tempat diturunkannya Al-Qur'an. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta'ala balas niat dan amal kebaikan beliau serta memaafkan kesalahan beliau. Namun, tanpa mengurangi rasa hormat, terima kasih, dan sangka baik, beberapa kesalahan yang ada harus tetap diluruskan.

Penjelasan umum:

1. Status dan broatcast yang tersebar tidak disusun oleh admin SantriNabawi.
2. admin tidak kenal siapa penyusunnya.
3. Status dan broatcast yang tersebar sebagian besar merupakan ringkasan dari tulisan admin pada halaman Tanya Jawab Fasilitas Beasiswa Arab Saudi, sayangnya penyusun yang in syaa Allah niatnya baik ini salah dalam membuat kesimpulan tulisan admin. Maka sudah sering kali admin ingatkan untuk teliti dalam membaca, teliti dalam membaca, dan teliti dalam membaca.

Berikut screenshot foto sumber masalahnya:
Foto sumber masalah

Klarifikasi detail setiap pointnya:

1. Dibuka Pendaftaran Beasiswa Full Ma'had Lughoh Universitas Ummul Qura
Makkah Al-Mukarromah 2017/2018. Judul ini sudah benar, yang dibuka pendaftaran adalah program ma'had lughoh (Persiapan Bahasa Pra-S1) saja. S1-S3 tidak buka. S1 untuk warga asing khusus alumni ma'had lughoh UQU. S2-S3 untuk warga asing khusus alumni kampus Saudi.

2. Tiket pesawat gratis menuju Arab Saudi. Benar.

3. Tiket pesawat gratis PP setiap tahun. Benar.

4. Kuliah gratis sampai selesai. Benar.

5. Mukafa'ah (uang tunjangan) setiap bulan, untuk mahasiswa S1 sebesar
840 Real (± 2.900.000 Rupiah). Benar.

6. dan untuk mahasiswa S2 sebesar 1900 Real (± 6.600.000 Rupiah). Tidak benar. admin bahkan belum tahu pasti uang beasiswa S2 dan S3 berapa.

7. Hadiah tunai bagi mahasiswa yang berprestasi. Benar.

8. Asrama gratis dan perabotannya bagi mahasiswa S1. Benar.

9. Apartement gratis bagi mahasiswa S2 dan S3. Tidak benar. Yang ada adalah untuk mahasiswa pascasarjana di King Abdullah University of Science and Technology (KAUST). Penyusun kurang teliti saat membaca posting tanya jawab fasilitas, sehingga salah ambil kesimpulan.
 
10. Bagi mahasiswa S2 dan S3, diperbolehkan membawa anak dan istrinya. Kurang tepat. S1 UQU juga boleh membawa istri. Ma'had lughoh UQU ana tidak tahu boleh bawa atau tidak.

11. Tunjangan tambahan berupa tunjangan keluarga, khusus bagi mahasiswa S2 dan S3 yang sudah berkeluarga. Kurang tepat. ana kurang tau untuk di UQU. Di UIM ada peluang dapat tunjangan kalau istrinya dibawa saja, kalau ditinggal di Indonesia ya tidak dapat. Yang bawa istri juga bisa jadi tidak dapat, maka ana sebutkan ada peluang, tidak pasti.

12. Makan di kantin Universitas dengan biaya murah. Benar.

13. Pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Universitas. Allahu A'lam. ana tidak tahu di UQU ada rumah sakitnya atau tidak. Di UIM ada.

14. Haji dan umroh gratis. Kurang tepat. Ada peluang haji dan umroh gratis, tapi tidak pasti dapat. Kalau tidak dapat haji dan umroh ya biaya sendiri.

15. Dapat menikmati setiap saat keindahan kota suci Makkah Al-Mukarromah. Benar. Tapi tidak bersumber dari web ini, melainkan karangan penyusun sendiri.

16. Dapat senantiasa beribadah di Masjidil Haram. Benar. Tapi tidak bersumber dari web ini, melainkan karangan penyusun sendiri.

17. Fasilitas olahraga yang disediakan oleh universitas. Allahu A'lam. ana tidak tahu di UQU ada atau tidak. Di UIM ada.

18. info selanjutnya baca, http://www.santrinabawi.com/2016/11/beasiswa-mahad-lughoh-universitas-ummul-qura-2016.html?m=1 Bagian ini ada sisi positif dan negatif. Positifnya menulis sumber info. Negatifnya karena status dan broadcast di atasnya tidak disusun oleh pemilik website. Bahkan isinya ada yang salah, sehingga yang tertuduh adalah pemilik website.

19. TOLONG DISHARE KE YANG LAIN. Ini karangan penyusun.

Demikian klarifikasi resmi dari admin SantriNabawi dot com

Madinah Al-Munawwarah,
15 Shofar 1439 H / 4 November 2017 M

Sumber: http://www.santrinabawi.com/2017/11/klarifikasi-resmi-seputar-umm-al-qura.html

TOLONG DISEBAR KE GRUP FACEBOOK DAN WHATSAPP SUMBER BEREDARNYA HOAX TANPA MENGUBAH 1 KATAPUN



Perhatian!!! Jika Anda merasa artikel website SantriNabawi ini bermanfaat, silakan share ke sosmed Anda dengan mengklik tombol share yang sudah disediakan di bawah ini! Copas/repost WAJIB mencantumkan bahwa sumbernya dari website SantriNabawi ini.

Jika dalam posting website SantriNabawi terdapat kesalahan, atau Anda ingin sekedar memberi kritik dan saran kepada admin, silakan kirim pesan saja ke fanspage SantriNabawi! Tidak perlu posting surat terbuka di website lain!!!

Dapatkan update info terbaru dengan Tips Jitu Agar Tak Ketinggalan Info Terbaru Website SantriNabawi.Com

Bagikan via

2 Responses to "Klarifikasi Resmi Seputar Umm Al-Qura University (UQU), Mana Yang HOAX Mana Yang Benar?"

Komentar tanpa nama (Anonim) tidak akan dijawab. Jika ingin berkomentar silakan login Gmail Anda atau pilih Name/URL! Name isi nama Anda dan URL isi alamat fb Anda, misal fb.com/ikhwan.sholeh

Semua komentar selalu dimoderasi dan tidak akan muncul sebelum disetujui oleh admin. Oleh karena itu, HARAP TIDAK MENGIRIM KOMENTAR LEBIH DARI SEKALI! Jika admin belum menjawab harap bersabar!

Centanglah bagian "Notify Me" agar Anda segera menerima email pemberitahuan saat komentar Anda telah dijawab admin!


Sosmed SantriNabawi dot Com
Instagram - Facebook - Twitter - Youtube