Close [X]
Assalaamu 'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh


Syawwal Kok Banyak Yang Nikah Ya? Berikan Doa Apa Untuk Mempelai?





بسم الله وصلى الله على نبينا محمد وعلى اله وصحبه وسلم

Alhamdulillaah.. Atas kasih sayang Allah Subhaanahu wa Ta'ala lah kita mampu menunaikan puasa di bulan Ramadhan lalu dan masih dapat menghirup udara di bulan syawwal ini.

Berbicara bulan syawwal, entah mengapa di bulan ini kok banyak undangan pernikahan dan resepsi ya?

Jika membaca kitab hadits Shohih Muslim pada bab nikah maka kita akan menemukan hadits berikut:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ تَزَوَّجَنِى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى شَوَّالٍ وَبَنَى بِى فِى شَوَّالٍ فَأَىُّ نِسَاءِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ أَحْظَى عِنْدَهُ مِنِّى. قَالَ وَكَانَتْ عَائِشَةُ تَسْتَحِبُّ أَنْ تُدْخِلَ نِسَاءَهَا فِى شَوَّالٍ

yang artinya: Dari 'Aisyah beliau berkata: Rasulullah -Shollallaahu 'alaihi wa sallam- menikahiku di bulan Syawwal dan membangun rumah tangga denganku di bulan Syawwal. Maka istri-istri Rasulullah manakah yang lebih beruntung di sisinya daripada aku. (Perawi) berkata: 'Aisyah suka menikahkan para wanita di bulan Syawwal. (HR. Muslim No. 3548).

Itulah sebabnya mengapa banyak yang menikah di bulan Syawwal, karena ingin mengikuti sunnah Rasulullah Shollallaahu 'alaihi wa sallam yang dulunya menikah dengan Ummul Mu'miniin 'Aisyah di bulan Syawwal.


Lalu doa apa yang disunnahkan untuk dibaca atau diucapkan untuk pasangan mempelai yang baru saja menikah? Dalam kitab-kitab hadits akan kita temukan beberapa lafazh yang mirip untuk doa pernikahan ini. Berikut paparannya:

Hadits Riwayat Abu Dawud No. 2132 dan Hadits Riwayat Imam Ahmad bin Hanbal No. 8944:
بَارَكَ اللَّهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ

Hadits Riwayat Tirmizi No. 1091:
بارك الله لك وبارك عليك وجمع بينكما في الخير

Hadits Riwayat Ibnu Majah No. 1905:
بَارَكَ اللَّهُ لَكُمْ ، وَبَارَكَ عَلَيْكُمْ ، وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Hadits Riwayat Imam Ahmad bin Hanbal No. 8943:
بارك الله لك وبارك عليك وجمع بينكما على خير

Kesemua lafazh di atas diriwayatkan dari Sahabat Abu Hurairah yang menyatakan bahwa Rasulullah mendoakan orang yang menikah dengan doa tersebut:
Baarakallaahu lak, wa baaraka 'alaik, wa jama'a bainakumaa fii khoiir (Semoga Allah memberi berkah bagimu, dan semoga Allah memberikan berkah atasmu, serta Allah persatukan kalian dalam kebaikan).

Berkata Abu 'Isa: Hadits Abu Hurairah Hasan Shahih. Berkata Syu'aib Arnoth: Sanadnya kuat dan Perawinya Shahih. Dan Syaikh Al-Albani berkata: Shahih.

Demikianlah pembahasan singkat mengapa di bulan syawwal banyak undangan pernikahan serta doa apa yang sebaiknya diucapkan sesuai sunnah Rasulullah Shollallaahu 'alaihi wa sallam untuk mempelai.

Copyright @ SantriNabawi.Com

Palangka Raya,

22 Juli 2016 M / 17 Syawwal 1437 H
Update Palangka Raya,
14 Syawwal 1438 H / 8 Juli 2017 M



Perhatian!!! Jika Anda merasa artikel website SantriNabawi ini bermanfaat, silakan share ke sosmed Anda dengan mengklik tombol share yang sudah disediakan di bawah ini! Copas/repost WAJIB mencantumkan bahwa sumbernya dari website SantriNabawi ini.

Jika dalam posting website SantriNabawi terdapat kesalahan, atau Anda ingin sekedar memberi kritik dan saran kepada admin, silakan kirim pesan saja ke fanspage SantriNabawi! Tidak perlu posting surat terbuka di website lain!!!

Dapatkan update info terbaru dengan Tips Jitu Agar Tak Ketinggalan Info Terbaru Website SantriNabawi.Com

Bagikan via

0 Response to "Syawwal Kok Banyak Yang Nikah Ya? Berikan Doa Apa Untuk Mempelai?"

Post a Comment

Komentar tanpa nama (Anonim) tidak akan dijawab. Jika ingin berkomentar silakan login Gmail Anda atau pilih Name/URL! Name isi nama Anda dan URL isi alamat fb Anda, misal fb.com/ikhwan.sholeh

Semua komentar selalu dimoderasi dan tidak akan muncul sebelum disetujui oleh admin. Oleh karena itu, HARAP TIDAK MENGIRIM KOMENTAR LEBIH DARI SEKALI! Jika admin belum menjawab harap bersabar!

Centanglah bagian "Notify Me" agar Anda segera menerima email pemberitahuan saat komentar Anda telah dijawab admin!


Sosmed SantriNabawi dot Com
Instagram - Facebook - Twitter - Youtube