Close [X]
Assalaamu 'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh


1 Dzulhijjah, Wukuf Arofah, & Idul Adha 1436 H Saudi Arabia





بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله وحده لا شريك له وصلى الله على رسوله محمد وعلى أله وصحبه سلم

Tidak terasa kita sudah berada di ujung tahun 1436 H. Sebagaimana setiap tahunnya, topik yang ramai menjadi bahasan adalah kapan awal atau tanggal 1 Dzulhijjah? kapan Hari Arofah? dan kapan hari raya (lebaran) Idul Adha?

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari beberapa akun twitter berita Arab, Kerajaan Arab Saudi telah menetapkan bahwa Senin, 14 September 2015 masih bulan Dzulqo'dah 1436 H karena hilal tidak terlihat. Berikut screen shot twitter beritanya:

Akun twitter @SaudiNews50 mengatakan bahwa berdasarkan rukyat di Sudair, Shaqra, dan Tamir tidak terlihat hilal. Akan tetapi keputusannya menunggu Mahkamah Tinggi Kerajaan.

Sedikit penjelasan terkait ketiga wilayah yang dipilih Kerajaan Arab Saudi untuk melakukan rukyat, saya kutip dari website www.WikiPedia.Org

* Sudair adalah wilayah bersejarah di Najd di pusat Arab Saudi, dan terletak sekitar 150 km sebelah utara dari ibukota Saudi, Riyadh. Wilayah ini terletak di sebuah lembah langsung ke timur dari lereng Tweig, yang berjalan di Najd mulai dari Sudair di utara dan berakhir di dekat Wadi ad-Dawasir di selatan.

* Shaqra adalah sebuah kota di pusat Arab Saudi, yang terletak sekitar 190 kilometer sebelah utara-barat dari ibukota Riyadh.

* Kota Tamir terletak sekitar 140 km sebelah barat laut dari kota Riyadh, administrasi Tamir dikumpulkan di provinsi wilayah Riyadh, dan memiliki populasi 10.000 orang, dinamakan demikian karena terletak di sebuah lembah di mana pohon-pohon kurma banyak tumbuh walau tanpa dibudidaya.

Dan akun @kuwaitnanews menyatakan bahwa Kerajaan Saudi mengumumkan bahwa besok (senin) penyempurnaan bulan Dzulqo'dah (30 hari), oleh karena itu Wukuf di Arofah pada hari Rabu dan Idul Adha hari kamis dengan izin Allah.

Sementara akun @News_Brk24 mentweet terkait 3 negara Islam yang mengumumkan tidak terlihatnya hilal pada hari ini (ahad/minggu). Dan Selasa adalah awal bulan Dzulhijjah dan Hari Raya jatuh pada hari kamis. Ketiga negara itu adalah Brunei Darussalaam, Indonesia, dan Malaysia.

Kesimpulannya adalah, Kerajaan Arab Saudi menetapkan bahwa:
- 1 Dzulhijjah jatuh pada hari Selasa, 15 September 2015
- 9 Dzulhijjah (Wukuf di Arofah) hari Rabu, 23 September 2015
- 10 Dzulhijjah (Idul Adha) jatuh pada hari Kamis, 24 September 2015.

Demikian info yang dapat saya share pada kesempatan ini.

{Madinah, 30 Dzulqo'dah 1436 H / 14 September 2015 M}
Copyright @ Ahmad Bilal Almagribi
Mahasiswa Fakultas Syari'ah, Universitas Islam Madinah


Perhatian!!! Jika Anda merasa artikel website SantriNabawi ini bermanfaat, silakan share ke sosmed Anda dengan mengklik tombol share yang sudah disediakan di bawah ini! Copas/repost WAJIB mencantumkan bahwa sumbernya dari website SantriNabawi ini.

Jika dalam posting website SantriNabawi terdapat kesalahan, atau Anda ingin sekedar memberi kritik dan saran kepada admin, silakan kirim pesan saja ke fanspage SantriNabawi! Tidak perlu posting surat terbuka di website lain!!!

Dapatkan update info terbaru dengan Tips Jitu Agar Tak Ketinggalan Info Terbaru Website SantriNabawi.Com

Bagikan via

0 Response to "1 Dzulhijjah, Wukuf Arofah, & Idul Adha 1436 H Saudi Arabia"

Post a Comment

Komentar tanpa nama (Anonim) tidak akan dijawab. Jika ingin berkomentar silakan login Gmail Anda atau pilih Name/URL! Name isi nama Anda dan URL isi alamat fb Anda, misal fb.com/ikhwan.sholeh

Semua komentar selalu dimoderasi dan tidak akan muncul sebelum disetujui oleh admin. Oleh karena itu, HARAP TIDAK MENGIRIM KOMENTAR LEBIH DARI SEKALI! Jika admin belum menjawab harap bersabar!

Centanglah bagian "Notify Me" agar Anda segera menerima email pemberitahuan saat komentar Anda telah dijawab admin!


Sosmed SantriNabawi dot Com
Instagram - Facebook - Twitter - Youtube